Senin 03 Oct 2022 13:04 WIB

Ingin Konten Anda Viral di Instagram? Coba Posting di Waktu Ini

Ini merupakan cara yang sangat penting untuk keberhasilan postingan Anda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Fitur Reels di Instagram. Ingin Konten Anda Viral di Instagram? Coba Posting di Waktu Ini
Foto: Instagram
Fitur Reels di Instagram. Ingin Konten Anda Viral di Instagram? Coba Posting di Waktu Ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk meningkatkan keterlibatan di postingan Instagram, Anda butuh berbagai upaya selain membuat konten viral. Misal, memaksimalkan waktu terbaik saat memposting konten.

Ini merupakan cara yang sangat penting untuk keberhasilan postingan Anda. Ada dua cara untuk mengatasi masalah waktu. Pertama, Anda dapat mengandalkan penelitian pakar media sosial yang dapat memberi perkiraan hari dan waktu terbaik untuk memposting di Instagram. Anda juga bisa mendapatkan data analitik akun Instagram dan mencari tahu waktu publikasi terbaik untuk akun dan audiens Anda.

Baca Juga

Mengikuti saran ahli

Jika Anda lebih suka mengikuti saran dari pakar media sosial daripada menggunakan analitik akun Instagram sendiri, Anda dapat melakukannya. Namun, Anda harus tahu bahwa saran tersebut dapat bervariasi dan mungkin tidak berlaku untuk audiens Anda. Berikut beberapa saran waktu terbaik sehingga Anda dapat mencoba waktu penerbitan yang disarankan untuk melihat apakah cocok untuk Anda.

Menurut platform manajemen media sosial, Hootsuite, waktu terbaik bagi siapa pun untuk memposting di Instagram adalah Rabu pukul 11.00 ​​siang. Waktu optimal lainnya termasuk pukul 09.00 pagi pada Selasa dan Sabtu, dan pukul 12.00 siang pada Senin. Sebelum mencoba waktu ini sendiri, perhatikan bahwa waktu ini dalam Waktu Pasifik AS.

Perusahaan perangkat lunak manajemen media sosial Sprout Social melaporkan secara keseluruhan, hari terbaik untuk mempublikasikan posting Instagram adalah Selasa dan Rabu. Sementara Ahad dianggap sebagai hari terburuk untuk memposting. Jika Anda membutuhkan waktu tertentu, berikut adalah beberapa yang terbaik, yaitu 10.00 hingga 13.00 pada Selasa dan Rabu dan pukul 11.00 pada Senin.

Menemukan waktu postingan ideal Anda

Dilansir Digital Trends, Senin (3/10/2022), selain mengikuti pakar media sosial, Anda dapat melacak dan mengelola data analitik sendiri. Jika Anda memiliki akun bisnis atau kreator, Anda dapat menggunakan alat analisis Instagram yang memungkinkan Anda melihat dari mana pengikut Anda berasal, kapan mereka biasanya berada di Instagram, dan seberapa baik kinerja konten Anda dalam hal keterlibatan.

Untuk menemukan analitik Anda di akun bisnis atau kreator, pertama navigasikan ke profil Anda di aplikasi seluler. Pilih professional dashboard (yang berada tepat di atas tombol Edit profil). Pada layar dasbor tersebut, pilih See all.

Di layar Insights, Anda dapat memilih berbagai jenis metrik, seperti akun yang dijangkau atau Akun yang terlibat untuk metrik dan data demografi yang lebih detail. Jika Anda memilih Total followers, Anda akan dapat melihat informasi berguna seperti lokasi teratas pengikut Anda dan berbagai waktu mereka sebenarnya di Instagram. Namun, untuk opsi ini, Anda harus memiliki minimal 100 pengikut sebelum dapat melihat analitik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement