REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN -- Operator kereta barang Afrika Selatan (Afsel), Transnet, menghadapi rintangan peraturan yang menghalanginya untuk membuat kontrak dengan pemasok lokomotif dan peralatan China untuk meningkatkan kapasitas di jalurnya, kata chief executive officer Transnet sepeti dikutip dari Bloomberg, Jumat (28/10/2022).
Transnet SOC Ltd. mendapat kecaman dari eksportir komoditas curah karena tidak dapat memasok mereka dengan kapasitas kereta api yang memadai pada saat permintaan sedang booming.
Thungela Resources Ltd, Exxaro Resources Ltd, dan produsen batubara lainnya telah menggunakan truk untuk memindahkan produk mereka dari ladang pedalaman yang luas di provinsi Mpumalanga timur ke pelabuhan.
Sementara Transnet milik negara mencapai kesepakatan prinsip dengan perusahaan lokal China Railway Rolling Stock Corp. pada bulan Agustus. Kesepakatan itu bertujuan untuk meningkatkan jumlah lokomotif di koridor utara dan timur lautnya, kesepakatan mereka kemudian terhenti.
Itu karena perusahaan China masih bernegosiasi dengan Layanan Pendapatan Afrika Selatan untuk izin beroperasi dan perlu memenuhi persyaratan valuta asing bank sentral, kata CEO Transnet Portia Derby.
“Selama kami tidak memiliki hubungan yang normal dengan mereka, itu menciptakan kendala sehubungan dengan lokomotif yang kami miliki untuk sistem itu,” kata Derby dalam sebuah wawancara, Rabu (27/10/2022).
Sementara pemasok alternatif telah dipertimbangkan, lokomotif perusahaan China ideal untuk jaringan Afrika Selatan karena mereka memiliki traksi yang baik dan dapat menangani tanjakan yang curam, katanya.
Bahkan sebelum kebuntuan saat ini, hubungan Transnet dengan CRCC tegang karena perusahaan Afrika Selatan itu berusaha membatalkan kesepakatan senilai 54 miliar rand untuk membeli sebanyak 1.064 lokomotif dari perusahaan China dan dua pemasok lainnya.
CRCC membalas dengan menahan suku cadang, memaksa Transnet untuk menarik lebih dari 300 lokomotif dari layanan.
Transnet mencapai kesepakatan prinsip dengan CRRC yang menjamin aksesnya ke suku cadang dan peralatan yang saat ini ada di negara tersebut, tetapi kelayakan untuk memulihkan kereta yang menganggur ke layanan masih perlu dinilai, kata Derby. CRRC dapat membantu dengan keahlian teknis setelah kesepakatan akhir tercapai, katanya.
“Hanya mereka yang bisa memasok lokomotif, jadi sepertinya kita tidak punya pilihan,” kata Derby.
CEO menggambarkan perjuangan Transnet untuk menghentikan pencuri mencuri kabel tembaga dan mengganggu jaringan kereta api sebagai tantangan berat.
Operasi bersama dengan perusahaan pertambangan, dan penggunaan drone dan helikopter untuk mengekang kejahatan mulai menunjukkan hasil meskipun masih ada jumlah insiden yang tinggi, katanya.
"Kami mengerahkan keamanan, semua jenis sumber daya untuk ini. Kami menemukan bahwa pencuri cenderung menyerang kami di area yang menyebabkan dampak yang cukup sistematis, menciptakan penyumbatan umum," ujarnya.