Selasa 29 Nov 2022 16:23 WIB

Protes Ketatnya Kebijakan Zero Covid, Warga Beijing: Saya Ingin Menonton Film!

Warga Beijing meluapkan kerinduannya akan pengalaman menonton film di bioskop.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
 Petugas polisi China memblokir akses ke lokasi tempat para pengunjuk rasa berkumpul di Shanghai pada Ahad, 27 November 2022. Warga melancarkan protes terhadap kebijakan ketat China untuk menekan kasus Covid-19.
Foto:

Dilansir Hollywood Reporter, Selasa (28/11/2022), pasar film bioskop China lesu tahun ini di bawah kebijakan zero Covid di Beijing dan kontrol sensor yang meningkat. Hingga Senin (28/11/2022), total pendapatan penjualan tiket di negara itu anjlok 36 persen dibandingkan tahun lalu, dan lebih dari 50 persen lebih rendah dari tahun prapandemi 2019, menurut data dari Artisan Gateway.

Mayoritas bioskop di China tetap buka. Hanya saja, dengan tingkat infeksi Covid-19 yang meningkat di kota-kota besar seperti Beijing, Guangzhou, dan Chongqing membuat kebebasan publiknya terasa jauh dari kepastian. Belum lagi syarat tes PCR yang memberatkan harus dipenuhi warga untuk mengakses tempat-tempat umum di sebagian besar provinsi utama.

Rasa frustrasi warga sipil juga terlihat di antara penonton China di Piala Dunia, yang menyesalkan kebijakan pembatasan saat menyaksikan para penggemar di tribun di turnamen sepak bola di Qatar tanpa masker dan tak menjaga jarak fisik. Menanggapi komentar viral yang menanyakan alasan tidak ada seorang pun di Qatar yang mengenakan masker, sensor media Beijing mulai mengalihkan gambar kerumunan tanpa masker ke rekaman aktivitas para pemain dan pelatih.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement