Kamis 01 Dec 2022 21:21 WIB

Kemajuan Teknologi Dinilai Turut Dongkrak Perekonomian dan Pendidikan

Semakin canggih dunia digital kian menghilangkan sekat jarak.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Dunia digital (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Dunia digital (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi saat ini bukan lagi hanya menyangkut digitalisasi, lebih dari itu. Teknologi merupakan pendongkrak perekonomian seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Seluruh aktivitas jual beli bisa dilakukan dengan teknologi.

Partner East Venture, Melisa Irene bersama dan SDM di sana percaya kata kunci dari teknologi adalah membuka akses antara basis pelanggan secara lebih luas mencakup seluruh Indonesia, bahkan dunia. 

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, kata dia, East Venture melihat teknologi sebagai lokomotif yang bisa bagus pada saat itu. Karena yang tadinya berjualan harus punya lapak atau toko dengan biaya sewa selangit, namun nyatanya tidak demikian.

"Misalnya orang yang berjualan di Jayapura, dengan teknologi bisa punya konsumen di Jakarta. Jadi kita merasa teknologi itu membuka opportunity untuk orang-orang bisa berkarya tanpa batas," kata Melisa dalam Webinar Regional Summit 2022 bertema Advancing Indonesia’s Sustainable Development through Digitalization yang dipantau via Youtube, Kamis (1/12/2022).