Selasa 06 Dec 2022 20:15 WIB

Hu Jintao Hadiri Upacara Pemakaman Mendiang Jiang Zemin

Mantan pemimpin China Hu Jintao hadiri pemakaman Jiang Zemin

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Mantan pemimpin China Hu Jintao turut menghadiri upacara pemakaman mendiang pemimpin generasi ketiga China, Jiang Zemin.
Foto: AP
Mantan pemimpin China Hu Jintao turut menghadiri upacara pemakaman mendiang pemimpin generasi ketiga China, Jiang Zemin.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Mantan pemimpin China Hu Jintao turut menghadiri upacara pemakaman mendiang pemimpin generasi ketiga China, Jiang Zemin. Jiang wafat pekan lalu dan dimakamkan Selasa (6/11/2022) di Beijing.

Hu sebagai mantan pemimpin Partai Komunis China (PKC) sebelumnya juga melihat upacara kremasi Jiang di rumah sakit militer Beijing pada Senin. Pria berusia 79 tahun itu menunjukkan penampilan pertamanya sejak ia digiring keluar pada sesi penutupan Kongres Partai Komunis ke-20.

Saat di Kongres penting China Oktober lalu, Hu dikawal dari kursinya di sebelah Xi. Dia tampak bingung dan terlihat menantang saat dia dibawa keluar ruangan.

Media pemerintah mengatakan, Hu sakit dan perlu istirahat. Namun insiden itu memicu spekulasi yang merajalela dan dipandang sangat simbolis dari pembersihan politik yang dipimpin Xi pada pertemuan itu. Ini menandai bahwa kongres itu mengusir tokoh-tokoh oposisi potensial termasuk semua anggota Liga Pemuda Komunis saingan yang dipimpin fraksi Hu.