Rabu 07 Dec 2022 19:03 WIB

Anthony Ginting Raih Kemenangan Pertama WTF 2022 Usai Kalahkan Jojo

Ginting meraih kemenangan lewat permainan yang solid dan konsisten.

Red: Endro Yuwanto
Anthony Sinisuka Ginting melawan sesama pebu utangkis Indonesia Jonatan Christie dalam pertandingan bulu tangkis tunggal putra Grup B BWF World Tour Finals di Bangkok, Thailand, Rabu, 7 Desember 2022.
Foto: AP/Sakchai Lalit
Anthony Sinisuka Ginting melawan sesama pebu utangkis Indonesia Jonatan Christie dalam pertandingan bulu tangkis tunggal putra Grup B BWF World Tour Finals di Bangkok, Thailand, Rabu, 7 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memenangi persaingan dengan rekan senegara, Jonatan 'Jojo' Christie. Keduanya bertanding pada babak penyisihan Grup B World Tour Finals (WTF) 2022 yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Rabu (7/12/2022).

Meski sempat tertinggal pada gim pertama, akhirnya Ginting mencetak kemenangan tiga gim 6-21, 21-10, 21-16 atas unggulan keempat berkat pola permainan yang solid dan ulet pada dua gim terakhir.

Jojo menggenggam dominasi penuh atas rekan senegaranya meski sempat mengalami sedikit perlawanan saat pertandingan baru dimulai. Tertinggal 1-3, Ginting membalas dengan perolehan tiga poin beruntun hingga unggul 4-3.

Namun skor tersebut menjadi satu-satunya keunggulan yang dimiliki Ginting karena setelahnya dikuasai penuh oleh Jojo. Tak perlu waktu lama bagi Jojo untuk mendongkrak poin.

Ginting yang masih belum menemukan konsistensi permainan, menjadi bulan-bulanan Jojo yang justru terus menggandakan poin. Jojo mengamankan interval awal dengan skor 11-4, lalu menjadi 16-5, dan menutup gim pertama dengan 21-6 dalam 12 menit.

Ginting enggan mengulangi kesalahan yang sama pada gim kedua. Kali ini ia bermain lebih sabar dan banyak memberikan umpan-umpan menyilang untuk mengecoh pergerakan Jojo.

Jojo yang lebih dulu panas menjadi sulit untuk diatasi pada awal gim kedua, namun Ginting yang lebih ulet baru menikmati keunggulan pada jeda interval dengan mencatatkan skor 11-9.

Lepas jeda interval, ayunan raket Ginting semakin nyaman dan memiliki pola permainan yang lebih solid. Hal itu mendorong Ginting untuk memenangi gim kedua setelah berjuang selama 15 menit dengan skor 21-10.

Pada gim ketiga, Ginting meraih kemenangan lewat permainan yang tetap konsisten. Pada gim penentu itu, kedua pemain berupaya menekan satu sama lain.

Beruntung bagi Ginting, ia turut dimudahkan berkat sejumlah kesalahan yang dilakukan Jojo sehingga memberinya poin cuma-cuma untuk mengantarnya pada keunggulan.

Pebulu tangkis jebolan klub SGS PLN Bandung itu pun sukses mengamankan kemenangan pertama pada fase penyisihan Grup B tunggal putra World Tour Finals.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement