Jumat 09 Dec 2022 16:08 WIB

Penjualan Toyota Naik 15 Persen

Industri otomotif tumbuh positif tahun ini.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Toyota menambah jajaran kendaraan hybrid dengan meluncurkan All New Innova Zenix.
Foto: dok. istimewa
Toyota menambah jajaran kendaraan hybrid dengan meluncurkan All New Innova Zenix.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar industri otomotif nasional sepanjang 2022 kembali mencatat kinerja positif. Hal ini terjadi seiring dengan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, pasar industri otomotif nasional juga menorehkan catatan sejarah dengan semakin berkembangnya pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Sampai akhir November lalu, total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional sudah mencapai di atas 941 ribu unit dan angka ini meningkat 19,2 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 lalu.

Baca Juga

Pada periode yang sama, Toyota membukukan penjualan lebih dari 303 ribu unit atau meningkat sekitar 15,2 persen dan ini membuat market share Toyota di tahun ini menjadi 32,2 persen. Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota tahun ini dipegang oleh Avanza (55.576 unit), Rush (41.470 unit) dan Kijang Innova (40.926 unit).

Menurutnya, iklim perekonomian nasional yang menunjang serta antusias pelanggan yang tinggi, memberi dorongan yang kuat bagi Toyota untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam membantu mobilitas masyarakat.

"Kami bersyukur ini juga mendapat respon positif dari pelanggan yang terlihat dari pertumbuhan pejualan sehingga market share kami kini di posisi yang sangat baik. Kami mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim ekonomi yang positif dan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang tetap mempercayai Toyota sebagai pilihan utama dalam pemenuhan mobilitas,” kata Henry Tanoto dalam Toyota Media Gathering di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy menambahkan sepanjang 2022 Toyota telah menghadirkan 15 model baru, baik itu model konvensional, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi mendapat sambutan yang memuaskan dari pelanggan.

Khusus elektrifikasi, pada November lalu TAM meluncurkan secara resmi ke pasar dua model kendaraan elektrifikasi, yaitu All New Toyota bZ4X yang merupakan Battery EV Toyota pertama dan All New Toyota Kijang Innova Zenix yang merupakan mobil Hybrid EV Toyota pertama yang diproduksi secara lokal.

“Penerimaan masyarakat sangat antusias dan mengembirakan. Bahkan total pesanan atau SPK untuk mobil Hybrid terbaru Toyota yaitu Kijang Innova Zenix sudah mencapai hampir 4.000 unit meski belum sebulan diluncurkan, dengan 82 persen dari komposisinya adalah Innova Zenix Hybrid dan tipe Q Hybrid TSS yang paling banyak diminati dengan SPK mencapai 1.578 unit,” ungkap Anton Jimmi.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement