Sabtu 10 Dec 2022 15:38 WIB

Jennifer Lawrence Tolak Turunkan Berat Badan di Film Hunger Games

Jennifer Lawrence dengan tegas menolak turunkan berat badan demi film 'Hunger Games'.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Jennifer Lawrence dengan tegas menolak turunkan berat badan demi film 'Hunger Games'.
Foto: EPA
Jennifer Lawrence dengan tegas menolak turunkan berat badan demi film 'Hunger Games'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jennifer Lawrence kembali mengenang momen ketika casting untuk memerankan karakter Katniss di film The Hunger Games tahun 2012 lalu. Aktris peraih Oscar itu mengungkap bahwa dirinya sempat diminta untuk menurunkan berat badan, namun secara tegas ia menolaknya.

"Saya ingat percakapan terpenting saat itu adalah berat badan. Saya ditanya 'berapa berat badan yang akan kamu turunkan?'," kata dia dalam sebuah bincang-bincang bersama Viola Davis dengan tajuk "Actors on Actors".

Baca Juga

Lawrence kemudian menjelaskan bahwa dia memiliki tanggung jawab moral yang besar ketika akan memerankan pemeran utama. Kala itu, cerita Hunger Game sangat populer di kalangan remaja, karenanya ia takut banyak remaja yang terpengaruh untuk memiliki berat tertentu demi menyerupai karakter Katniss.

"Dalam Hunger Games, itu adalah tanggung jawab yang luar biasa. Novel itu sangat populer dan aku tahu bahwa penontonnya adalah anak muda," kata Lawrence seperti dilansir dari Grazia, Sabtu (10/12/2022).

Keputusan itu pada akhirnya diambil lantaran Lawrence pun tak ingin dihantui rasa bersalah jika memberikan pengaruh yang tidak baik bagi remaja. "Aku juga tidak bisa membiarkan hal itu mengganggu pikiran saya," jelas dia.

Pada saat itu, sangat jarang film aksi yang dipimpin oleh seorang wanita seperti Katniss di The Hunger Games. Bertahun-tahun kemudian, Davis mendapat kesempatan serupa dengan perannya di The Woman King. Lawrence pun berbicara tentang betapa pentingnya representasi ini bagi wanita dan anak perempuan di layar.

"Dulu tidak ada yang pernah menempatkan seorang wanita sebagai pemeran utama dalam film aksi, karena itu dinilai tidak akan sukses. Makanya sekarang aku sangat bahagia karena bisa mendobrak anggapan itu, dan membuktikan perempuan juga bisa menjadi pemeran utama di genre aksi seperti pria," jelas Lawrence.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement