Senin 02 Jan 2023 04:37 WIB

Aktivitas Simpel Saat Pagi yang Bisa Membuat Tubuh Segar Sepanjang Hari

Jika bangun dengan perasaan grogi, bisa jadi itu tanda dehidrasi ringan.

Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan sederhana yang membuat tubuh segar sepanjang hari. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Kebiasaan sederhana yang membuat tubuh segar sepanjang hari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda memulai setiap pagi dengan tindakan yang “hebat”, maka Anda akan membuat kemajuan yang konsisten, membangun kebiasaan baik, dan menuai keuntungan dari kebiasaan tersebut. Sebaliknya, apabila membuat kesalahan kritis, maka Anda akan menghabiskan sisa hari dengan mencoba mengejar dan memperbaiki kerusakan. 

Untuk membantu membuat pilihan terbaik, ada lima kebiasaan pada pagi hari yang dapat membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat.

Baca Juga

Rutinitas pagi hari tidak harus sesulit itu. Tidak perlu harus selalu berlari lima kilometer atau bermeditasi selama satu jam untuk memperbaiki tubuh. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa tindakan sederhana dan cepat yang akan menghasilkan keajaiban bagi tubuh dan pikiran. Berikut penjelasannya seperti dilansir di laman Eat This Not That, pada akhir pekan lalu:

1. Terhidrasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan setiap pagi adalah mengambil air putih dan minum. Bisa jadi sudah lebih dari delapan jam sejak Anda tidur dan minum cairan. Jika Anda bangun dengan perasaan grogi, itu bisa menjadi tanda Anda mengalami dehidrasi ringan. Mulailah pagi dengan segelas besar air dan rehidrasi diri Anda. Ini akan memastikan metabolisme, fungsi sel, kemampuan kognitif, dan kemampuan fisik secara keseluruhan berada pada level teratas.

2. Bergerak

Jika memiliki hewan peliharaan, Anda mungkin menyadari bahwa hal pertama yang dilakukan teman berbulu saat bangun pada pagi hari adalah melakukan peregangan. Kebutuhan Anda tidak berbeda. 

Sebelum mengatasi semua tantangan yang dibawa hari baru, mempersiapkan tubuh adalah penting. Dengan melakukan itu, Anda akan mengendurkan persendian, membuat darah mengalir dengan lancar, dan pikiran Anda berfungsi. 

3. Menikmati matahari

Setelah bangun, sangat sehat untuk membuka kerai dan membiarkan sinar matahari membanjiri rumah. Mengapa? Sinar matahari dapat meningkatkan mood dan sangat penting untuk menjaga ritme sirkadian yang sehat, yang merupakan jam tidur tubuh Anda. Melihat sinar matahari dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik pada malam hari dan juga membantu merasa lebih berenergi pada siang hari.

4. Latihan dengan foam roller

Foam roller adalah busa yang digunakan untuk pemijatan. Biasanya berbentuk silinder. Latihan dengan foam roller bisa membantu mengendurkan otot yang terlalu padat, memecah jaringan parut, dan melepaskan semua adhesi otot sehingga otot dan persendian bergerak bebas. Ini bisa berarti lebih sedikit rasa sakit dan nyeri dan fleksibilitas serta mobilitas yang lebih baik.

Siapkan roller busa yang bagus dan gunakan beberapa menit setiap pagi, terutama untuk bagian otot besar seperti paha depan, betis, paha belakang, bokong, punggung bawah, dan punggung atas. 

5. Sarapan yang sehat

Kebiasaan pagi terakhir untuk tubuh lebih bugar dan sehat yaitu berkaitan dengan pola makan. Mengonsumsi makanan yang tepat untuk sarapan akan memberi energi, membantu mencapai kebugaran, dan menjadi preseden yang kuat untuk sisa hari. 

Makanlah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, dan karbohidrat dalam dosis tepat. Salah satu contoh yang bagus dan sehat adalah menyiapkan dua telur orak-arik dengan alpukat dan sayuran. Atau nikmati yogurt Yunani dengan buah-buahan segar dan sedikit madu. 

Namun jika Anda sedang berpuasa, tidak apa-apa. Jika itu pilihan Anda, pastikan untuk minum cukup air agar tetap terhidrasi saat sahur dan berbuka puasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement