Senin 02 Jan 2023 20:24 WIB

Livescore Piala AFF: Indonesia Unggul 2-0 atas Filipina pada Babak Pertama

Gol Indonesia ke gawang Filipina dicetak Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Gelandang serang timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kanan) merayakan golnya ke gawang Filipina dalam laga keempat Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023) malam WIB.
Foto: DOK PSSI
Gelandang serang timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kanan) merayakan golnya ke gawang Filipina dalam laga keempat Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Timnas Indonesia sementara unggul 2-0 atas tuan rumah Filipina pada matchday keempat Grup A Piala AFF 2022, yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) malam. Kedua gol tim Garuda dicetak Dendy Sulistyawan menit ke-21 sebelum digandaka pemain tengah Marselino Ferdinan pada menit ke-43.

Marselino Ferdinan memiliki peluang di dalam kotak penalti pada menit ketujuh. Setelah menerima umpan sepak pojok Marc Klok, ia melepaskan tembakan yang sayangnya masih melebar ke sisi kiri gawang Filipina.

Baca Juga

Pertandingan berjalan dengan tempo lambat dalam 10 menit awal. Indonesia lebih bermain tenang dengan membangun serangan dari belakang.

Bek Filipina Lyngbo terpaksa menjegal pergerakan Witan Sulaeman pada menit ke-14 untuk melakukan serangan balik cepat.

Filipina menyusun strategi dengan umpan-umpan panjang ke area pertahanan Indonesia memanfaatkan keunggulan postur tubuh. Beberapa percobaan cukup membahayakan gawang tim Merah-Putih.

Pendukung Indonesia bergemuruh pada menit ke-21. Gol cantik dari hasil lemparan ke dalam Pratama Arhan yang langsung ditanduk oleh Dendy Sulistyawan ke pojok kanan gawang Filipina gagal diantisipasi oleh kiper Pinthus. Skor sementara menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Berselang dua menit Nadeo Argawinata harus ditarik keluar setelah mendapat benturan yang cukup keras dari pemain depan Filipinsa. Posisi Nadeo digantikan penjaga gawang Persikabo, Syahrul Fadli.

Unggul skor membuat Indonesia bermain lebih tenang. Hingga menit ke-35 tim Garuda menguasai jalannya laga dengan persentasi penguasaan bola 51 persen berbanding 49 persen milik Filipina.

Dendy melancarkan counter attack pada menit ke-36. Ia melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti menggunakan kaki kiri. Sayang, bola hanya meluncur ke sisi kanan gawang Filipina.

Nyaris, Dendy kembali memiliki peluang emas. Umpan manis dari Witan Sulaeman langsung dieksekusi oleh Dendy yang melambung tinggi di atas mistar gawang.

Giliran Fachruddin Aryanto memiliki peluang terbuka di dalam kotak penalti. Peluang untuk melebar kedudukan gagal setelah tembakan sang bek melayang jauh ke atas gawang Pinthus.

Filipina memiliki peluang mencetak gol dari skema tendangan bebas. Namun tandukan Kenshiro Daniels melayang tipis di atas gawang Indonesia.

Indonesia kembali mencetak gol kedua lewat Marselino Ferdinan menit ke-43. Berawal dari sisi kanan, Asnawi Mangkualam menyodorkan umpan mendatar yang langsung ditembak oleh Marselino. Skor menjadi 2-0 untuk tim Garuda yang bertahan hingga turun minum.

Pada pertandingan lain timnas Thailand sementara unggul 1-0 atas Kamboja melalui eksekusi penalti Teerasil Dangda menit ke-45+2. Praktis untuk sementara klasemen dipimpin Indonesia mengingat pasukan Shin Tae-yong unggul produktivitas gol dari Thailand.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement