Senin 09 Jan 2023 23:05 WIB

Mendagri: Presiden akan Kumpulkan Semua Kepala Daerah Pekan Depan 

Presiden akan menyampaikan arahan terkait pengendalian inflasi.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo menghadiri Peresmian Pembukaan Perdagangan  Bursa Efe Indonesia Tahun 2023, Senin (2/1/2023).  Turut hadir dalam acara ini Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.
Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat P
Presiden Joko Widodo menghadiri Peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efe Indonesia Tahun 2023, Senin (2/1/2023). Turut hadir dalam acara ini Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumpulkan semua kepala daerah pada pekan depan. Dalam pertemuan itu, Presiden akan menyampaikan arahan terkait pengendalian inflasi. 

Tito mengatakan, rencana itu disampaikan ketika dirinya ketika menghadap Presiden pada Jumat (6/1/2023) lalu. Ketika itu, ujar dia, Presiden mengapresiasi rapat pengendalian inflasi daerah yang digelar Kemendagri bersama kepala daerah secara daring setiap pekan. 

Baca Juga

Menurut Presiden, berkat rapat tersebut, para kepala daerah kini sudah mulai memahami cara mengendalikan inflasi. Tito menyebut, sejak adanya rapat pengendalian tersebut, angka inflasi yang awalnya 5,9 persen pada September 2022 berhasil turun hingga 5,51 persen pada Desember. 

Karena itu, lanjut Tito, Presiden meminta rapat pengendalian inflasi daerah itu dilanjutkan. Bahkan, Presiden hendak menyampaikan pengarahan langsung terkait pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi dalam rapat tersebut. 

"Jadi pekan depan kalau tidak ada halangan, seluruh kepala daerah dan seluruh forkopimda akan dikumpulkan oleh beliau (Presiden Jokowi)," kata Tito saat membuka rapat pengendalian inflasi daerah di kantornya, Jakarta, Senin (9/1/2023). 

Tito menyebut, lokasi pertemuan Presiden dengan semua kepala daerah itu belum dipastikan. Saat ini Kemendagri masih berkoordinasi dengan staf Presiden Jokowi dan sejumlah menteri yang akan hadir dalam pertemuan tersebut untuk menentukan lokasinya. 

Dalam pertemuan itu, lanjut Tito, akan hadir empat menteri koordinator, sejumlah menteri, Kapolri, Panglima TNI, dan Jaksa Agung. Mereka semua akan turut berbicara dalam pertemuan yang berlangsung selama sehari penuh itu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement