Rabu 11 Jan 2023 12:43 WIB

Film Everything Everywhere All At Once Puncaki Gold List 2023

Gold List berisi karya luar biasa pembuat film dan talenta Asia dalam satu tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Film Everything Everywhere All At Once sukses memuncaki Gold List 2023. (ilustrasi)
Foto: A24
Film Everything Everywhere All At Once sukses memuncaki Gold List 2023. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gold House dan CAPE (Coalition of Asian Pacifics in Entertainment) telah meluncurkan Gold List tahunan ketiga. Daftar ini menyoroti karya luar biasa dari pembuat film dan talenta Asia dalam satu tahun terakhir.

Film Everything Everywhere All At Once sukses memuncaki daftar dengan kemenangan untuk Film Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Sutradara Terbaik (Daniels), Penampilan Terbaik dalam Peran Utama (Michelle Yeoh), dan Penampilan Terbaik dalam Peran Pendukung (Ke Huy Quan). Salah satu penulis dan sutradara film Everything Everywhere All At Once Daniel Kwan, mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian luar biasa bagi komunitas Asian American and Pasific Islander (AAPI).

Baca Juga

Menurut dia, AAPI sukses menghilangkan batasan dan bias tentang bagaimana kisah Asia-Amerika harus dibuat. “Saya dan keluarga Everything Everywhere All At Once, merasa sangat terhormat untuk menjadi bagian dari momen ini bagi komunitas, dan tidak sabar untuk melihat apa yang akan terjadi ke depan,” kata Kwan seperti dilansir Variety, Rabu (11/1/2023).

"RRR" dan "Decision to Leave" masing-masing mengumpulkan lima penghargaan di seluruh kategori utama, dengan "RRR" memenangkan kategori Lagu Asli Terbaik untuk "Naatu Naatu".

Sementara itu, Turning Red karya Domee Shi meraih penghargaan film animasi terbaik, Bad Axe karya David Siev meraih Best Documentary; Dolly De Leon dan Stephanie Hsu menang untuk performa luar biasa. Joyland melengkapi daftar dengan film independen yang sukses.

David Siev menekankan pentingnya representasi dan audiensi untuk kisah-kisah dari kelompok yang kerap dimarjinalkan seperti di Asia.

“Aku pikir ada begitu banyak anggota komunitas AAPI yang dapat memahami kerinduan bersama ini untuk dilihat dan merasa diakui karena cerita kita sama kuatnya, bahwa suara sama pentingnya, dan bahwa kita pengalaman sama pentingnya,” kata dia.

Kemenangan Academy Award untuk aktris Michelle Yeoh atau Ke Huy Quan akan membuat sejarah lagi. Pasalnya, tidak ada orang keturunan Asia Timur, Selatan, atau Tenggara yang pernah memenangkan Aktris Terbaik. Aktor keturunan Asia terakhir (dan satu-satunya) yang memenangkan Aktor Pendukung Terbaik adalah Haing S Ngor pada tahun 1984.

“Sejak dimulai dua tahun lalu, 15 penerima penghargaan Gold List telah menerima kemenangan atau nominasi Academy Award,” kata Jeremy Tran, Direktur Eksekutif dan COO Gold House. Menurut dia, kemenangan Chloé Zhao, Youn Yuh-jung, dan Riz Ahmed, menggarisbawahi mengapa Gold List bisa menjadi sinyal penting yang menghasilkan pengembangan kreatif baru, produksi, dan peluang distribusi untuk komunitas tradisional yang tidak dikenal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement