Senin 16 Jan 2023 06:50 WIB

Pemkab Magetan Agendakan 145 Kegiatan Wisata dan Budaya

Sejumlah agenda diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Magetan.

Red: Fuji Pratiwi
Foto udara sejumlah wisatawan menikmati suasana kawasan wisata Telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur, Ahad (8/5/2022). Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mengagendakan sebanyak 145 kegiatan wisata dan budaya yang akan diselenggarakan dalam Calendar of Event atau CoF sepanjang 2023.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Foto udara sejumlah wisatawan menikmati suasana kawasan wisata Telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur, Ahad (8/5/2022). Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mengagendakan sebanyak 145 kegiatan wisata dan budaya yang akan diselenggarakan dalam Calendar of Event atau CoF sepanjang 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mengagendakan 145 kegiatan wisata dan budaya yang akan diselenggarakan dalam Calendar of Event atau CoF sepanjang 2023.

"Sebagai upaya menunjang sektor pariwisata dan perekonomian di Magetan, untuk tahun 2023 direncanakan 145 kegiatan yang akan diagendakan," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Joko Trihono, di Magetan, Ahad (15/1/2023).

Baca Juga

Menurut dia, terdapat sejumlah agenda yang diharapkan dapat meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan di Magetan selama 2023. Terlebih di awal 2023 pemerintah telah resmi mencabut penerapan PPKM yang tentunya membawa dampak baik bagi sektor pariwisata daerah.

"Semua agenda yang tercatat dalam CoE 2023 bisa diakses di laman wisatadanbudaya.magetan.go.id," kata dia.

Pihaknya menambahkan, CoE 2023 dengan segala agendanya merupakan salah satu program strategis Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan. Tujuannya untuk mempromosikan pariwisata Magetan ke khalayak.

Bupati Magetan Suprawoto meminta masyarakat Magetan turut membantu menyukseskan dan memeriahkan kegiatan CoE 2023. "Saya mengimbau para pelaku usaha wisata agar upaya yang telah dilakukan Pemkab Magetan ini, bisa sebagai peluang untuk lebih memajukan usaha kepariwisataan di Magetan," kata Suprawoto.

Ia juga ingin agar semua agenda yang dicanangkan di CoE Magetan 2023 bisa meriah dan mampu mengangkat nama Kabupaten Magetan dan wisata Magetan untuk lebih dikenal. "Saat ini, Magetan juga akan mempelopori greentourism untuk mendukung pelestarian lingkungan hidup. Salah satunya dengan telah dilaksanakannya penanaman pohon beringin yang telah berusia 13 tahun sebanyak 40 pohon. Diharapkan ke depannya akan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang unik dan tematik," kata dia.

Sesuai data, terdapat berbagai destinasi wisata di Magetan, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, kuliner, serta desa wisata. Seperti, ada Air Terjun Tirto Sari, Kebun Refugia, Taman Wisata Genilangit, Tirto Gumarang, Mojosemi Forest Park, Lawu Green Forest, Kampung Susu Singolangu, Wisata Desa Jabung, Wisata Desa Sumber Dodol, dan Wisata Desa Pemandian Sumber Sawit.

Selain itu ada Magetan Park, Wisata Pemandian Gorang Gareng, Kuliner Sumber Bening, Wisata Desa Madigondo, dan Kuliner Ayam Panggang Gandu. Dengan semakin dikenal wisata Magetan, maka diharapkan bisa berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement