Ahad 21 Oct 2012 21:41 WIB

Bandung-Denpasar Lebih Mudah dengan Citilink

Salah satu pesawat Citilink.
Foto: Dok Citilink
Salah satu pesawat Citilink.

REPUBLIKA.CO.ID, Kota Bandung sudah terkenal sebagai daerah tujuan wisata oleh kalangan wisatawan nasional maupun internasional. Pemerintah Kota Bandung menempatkan sektor jasa sebagai faktor utama pengembangan daya saing di kota ini hingga dinobatkan sebagai kota kreatif se-Asia Timur pada bulan Maret 2012.

Terutama jika sudah memasuki masa liburan. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar sedikitnya 15.417 wisatawan tercatat masuk melalui Bandara Husein Sastranegara sepanjang Juni 2012. Angka ini merupakan lonjakan sebesar 22,39 persen dibandingkan dengan posisi Mei 2012 yang mencapai 12,597 orang.

Lonjakan kunjungan tersebut, menurut BPS, tidak terlepas dari semakin banyaknya rute penerbangan langsung ke Bandung, baik dari Kuala Lumpur dan Penang, Malaysia, maupun Singapura. Data BPS mencatat, wisatawan Malaysia yang datang ke Bandung pada juni 2012 mencapai 10.852 wisatawan, disusul Singapura 2.106 orang.

Biasanya kalo sudah jalan-jalan ke bandung, para wisatawan khususnya wisatawan mancanegara melanjutkan liburan mereka ke Bali. Sepertinya memang belum pas rasanya berkunjung ke Indonesia tanpa pernah datang ke Bali. Bali yang menjadi tempat favorit wisatan mancanegara memang memiliki banyak tempat wisata menarik yang tak kalah dari Bandung.

Melihat potensi banyaknya wiatawan yang berkunjung di dua daerah ini, Citilink menangkap peluang tersebut. Anak dari perusahaan Garuda Indonesia untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC), Sabtu (6/10) secara resmi membuka rute Bandung – Denpasar PP 2 kali per hari. Harga tiket dibanderol mulai dari Rp 290.000 sekali jalan

Citilink melihat pembukaan rute Bandung – Denpasar sebagai sebuah langkah strategis. Banyak sekali para wisatawan mancanegara yang sudah sampai di Bandung dan berkeinginan untuk melanjutkan liburan mereka ke Bali.

Melalui rute ini Citilink berusaha untuk merambah pasar yang lebih besar dalam memberikan layanan transportasi udara bagi para wisatawan maupun pebisnis dari dan ke Kota Bandung dengan biaya yang sangat terjangkau dan dapat memberikan kenyamanan penerbangan yang baik," demikian keterangan yang diberikan oleh Arif Wibowo, CEO PT. Citilink Indonesia, Sabtu (6/10).

Bagi para wisatwan, dengan semakin mudahnya perjalanan mereka ke tempat wisata yang dituju dengan biaya yang terjangkau, membuat mereka semakin tertarik untuk sering melakukan perjalanan wisatanya, terutama Bandung dan Bali. Jadi, yuk ke Bandung dan Bali dengan citilink.

Penulis: Ina Kurnia (Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjajaran)

sumber : Universitas Padjajaran
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement