Senin 30 Jan 2023 19:20 WIB

Microsoft Segera Blokir Add-In Excel

Add-in Excel dari internet merupakan ancaman besar bagi keamanan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft berencana memblokir add-in Excel dari internet di semua desktop Office dan platform cloud mulai Maret 2023.
Foto: AP Photo Ted S. Warren, File
Microsoft berencana memblokir add-in Excel dari internet di semua desktop Office dan platform cloud mulai Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Add-in Microsoft Excel berbahaya yang berasal dari serangan internet telah meroket akhir-akhir ini. Oleh karena itu, Microsoft berencana memblokir add-in Excel dari internet di semua desktop Office dan platform cloud mulai Maret 2023. “Untuk memerangi meningkatnya jumlah serangan malware dalam beberapa bulan terakhir, kami menerapkan langkah-langkah yang akan memblokir add-in XLL yang berasal dari internet,” ungkap pihak perusahaan.

Add-in Excel dari mesin lokal atau yang diunduh dari dalam Excel menggunakan Insert > Add-ins > Get Add-ins are not blocked.

Baca Juga

Dilansir dari Ghacks, Senin (30/1/2023), Add-in Excel dari internet merupakan ancaman besar bagi keamanan. Wolf Security Threat Insights Report dari HP untuk kuartal keempat tahun 2021 menyoroti peningkatan 588 persen dalam serangan add-in Excel dibandingkan dengan kuartal sebelumnya tahun ini.

Tim riset HP menemukan informasi tentang alat penjatuh (dropper) add-in Excel dan malware kit di dark web, yang memungkinkan penyerang yang kurang berpengalaman untuk membuat kampanye malware.