Kamis 09 Feb 2023 00:31 WIB

Diharapkan Xavi untuk Bertahan di Barca, Busquets Siap Tolak Pinangan Al Nassr

Xavi berharap Busquets bertahan setidaknya satu musim lagi di Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang senior Barcelona, Sergio Busquets.
Foto: AP/Joan Monfort
Gelandang senior Barcelona, Sergio Busquets.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Sergio Busquets tengah melakoni tahun terakhir dalam kontraknya bersama Barcelona. Berbagai tawaran pun dilaporkan telah datang buat gelandang bertahan asal Spanyol tersebut, termasuk dengan pinangan dari klub asal Arab Saudi, Al Nassr.

Kontrak Busquets bersama klub asal Katalan itu akan habis pada 30 Juni 2023 atau seiring dengan berakhirnya kompetisi musim ini. Hingga kini, gelandang bertahan berusia 34 tahun itu diketahui belum menandatangani perpanjangan kontrak bersama Barcelona.

Baca Juga

Kondisi ini coba dimanfaatkan sejumlah klub yang tertarik untuk memboyong Busquets dengan status free transfer pada akhir musim ini. Sempat dilaporkan menarik minat salah satu kontestan Major League Soccer (MLS), Inter Miami, Busquets ternyata juga dilirik oleh Al Nassr.

Bahkan, berdasarkan lansiran Mundo Deportivo, manajemen klub yang berbasis di Riyadh, Arab Saudi, itu dikabarkan siap memberikan bayaran hingga mencapai 16 juta poundsterling per tahun demi bisa membujuk pemain yang telah mempersembahkan delapan titel La Liga Spanyol dan tiga trofi Liga Champions buat Barcelona itu agar hijrah ke Arab Saudi.

Mantan gelandang bertahan timnas Spanyol itu diharapkan bisa menambah barisan pemain bintang di tim utama Al Nassr. Pada akhir tahun lalu, Al Nassr sudah mendatangkan pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) dan eks bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

''Kendati begitu, Busquets dikabarkan tengah bersiap untuk menolak tawaran tersebut. Tidak hanya pinangan dari Al Nassr, tapi juga yang berasal dari Inter Miami,'' tulis laporan Sport, Rabu (8/2/2023).

Sikap Busquets ini rasanya tidak lepas dari pernyataan terbuka pelatih Blaugrana, Xavi Hernandez, terkait kelanjutan kiprah mantan rekan setimnya tersebut. Kendati menyerahkan sepenuhnya keputusan pada Busquets, Xavi berharap, pemain yang memperkuat tim utama Blaugrana sejak 2008 itu bertahan setidaknya satu musim lagi di Blaugrana.

''Kami hanya bisa menunggu. Semua keputusan ada di tangan dia. Dia adalah sosok penting buat klub ini, baik di dalam ataupun di luar lapangan. Dia memiliki hak untuk menentukan masa depannya. Namun, saya akan sangat bahagia apabila dia bertahan setidaknya untuk satu tahun lagi,'' kata Xavi seperti dikutip Sports Keeda, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Busquets memang mengaku belum mengambil keputusan terkait kelanjutan kiprahnya di Blaugrana, termasuk dengan kemungkinan perpanjangan kontrak. Jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, itu menegaskan, masih fokus sepenuhnya untuk bisa membawa Blaugrana meraih kesuksesan pada musim ini.

''Saya belum memutuskan apapun. Hal terpenting adalah situasi yang kami hadapi saat ini. Fokus utama saya ada di partai final,'' ujar Busquets sebelum mengantarkan Blaugrana membekuk Real Madrid, 3-1, di partai final Piala Super Spanyol, pertengahan bulan lalu.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement