Jumat 03 Mar 2023 17:09 WIB

Bayi Obesitas di Bekasi Kelainan Genetik, Dokter Pertimbangkan Operasi Pemendekan Usus

Bayi berusia 16 bulan di Bekasi mengalami obesitas.

Red: Reiny Dwinanda
Bayi asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Muhammad Kenzi Alfaro, mengalami obesitas. Berat badannya 27 kilogram di usia 16 bulan.
Foto:

Kasus Langka

Di kesempatan yang sama, Direktur RSCM Jakarta Lies Dina Liastuti mengatakan kasus yang dialami Kenzi termasuk langka. Menurutnya, tidak mudah untuk mencari penyebab obesitas.

"Bukan hanya karena pola makan, tapi karena masalah faktor genetika, dan itu nggak banyak kasusnya," katanya.

Lies memperkirakan hasil pengecekan laboratorium terhadap Kenzi akan dilaporkan paling lambat dalam 28 hari. Menurut Lies, RSCM melibatkan dokter dari beberapa divisi, di antaranya dokter spesialis dan dokter subspesialis, dalam penanganan kesehatan Kenzie.

"Ada dokter anak, dokter ginjal, dokter gizi, dari divisi penyakit langka masih berkolaborasi untuk mengetahui penyebabnya," kata Lies.

Kenzi adalah balita berusia 16 bulan dengan bobot 27 kilogram asal Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pemerintah setempat telah merujuk Kenzie ke RSCM sejak dua pekan lalu untuk berkonsultasi dengan pakar gizi.

Anak dari pasangan Pitriah dan Sopiyan itu difasilitasi anggaran Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan selama proses pemulihan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement