Rabu 08 Mar 2023 08:40 WIB

Roket H3 Jepang Gagal Meluncur, Satelit Observasi yang Canggih Hilang

Operator langsung menghancurkan roket H3 JAXA saat tahap kedua roket gagal menyala.

Rep: Ilham Tirta/ Red: Partner
.
.

Roket H3<a href= JAXA menunggu di landasan peluncuran di Tanegashima Space Center Jepang menjelang peluncuran pada 6 Maret 2023. Gambar: JAXA via YouTube" />
Roket H3 JAXA menunggu di landasan peluncuran di Tanegashima Space Center Jepang menjelang peluncuran pada 6 Maret 2023. Gambar: JAXA via YouTube

ANTARIKSA -- Roket Jepang yang baru telah gagal dalam uji terbang pertamanya. Roket H3 Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) lepas landas dari Tanegashima Space Center pada Senin, 6 Maret pukul 20.37 EST atau 8.37 WIB, Selasa, 7 Maret 2023. Setelah 5 menit dan 27 detik lepas landas, sebuah perintah dikirim ke roket untuk pemisahan tahap inti dan tahap kedua.

Tepat setelah tujuh menit penerbangan, komentator peluncuran di YouTube JAXA's live streaming mencatat, kecepatan roket turun dan pengapian tahap kedua tidak dapat dikonfirmasi. Pengontrol misi tidak lama kemudian mengeluarkan perintah penghancuran roket, mengakhiri lebih awal penerbangan uji pertamanya.

"Perintah penghancuran telah dikirimkan ke kendaraan peluncuran, karena tidak ada kemungkinan untuk mencapai misi," kata komentator di live streaming JAXA.

Lepas landas pada Senin adalah percobaan kedua peluncuran H3. Percobaan pertama pada 16 Februari lalu juga dibatalkan karena masalah sistem kelistrikan yang memasok daya ke mesin LE-9 tahap pertama roket.