Rabu 15 Mar 2023 15:28 WIB

Klopp Mulai Pasrah? Sebut Peluang Liverpool Bertahan di Liga Champions Tinggal Satu Persen

Liverpool mesti membantai Real Madrid di Santiago Bernabeu.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Liverpool Juergen Klopp. Klopp akan memimpin Liverpool menjalani mission imposible di Santiago Bernabeu.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pelatih Liverpool Juergen Klopp. Klopp akan memimpin Liverpool menjalani mission imposible di Santiago Bernabeu.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengakui, peluang The Reds untuk bisa melaju ke babak perempat final Liga Champions musim ini hanya sekitar satu persen. Kendati begitu, The Reds siap memaksimalkan peluang tersebut saat melawat ke markas Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar, Kamis (16/3/2023) dini hari WIB.

Tipisnya peluang Liverpool tersebut tidak terlepas dari kekalahan besar dari Los Blancos di leg pertama, tiga pekan lalu. The Reds menutup laga di Stadion Anfield itu dengan kekalahan telak, 2-5, dari Los Blancos.

Baca Juga

Dengan kondisi tertinggal agregat tiga gol, Liverpool mesti menyambangi Los Blancos di Stadion Santiago Bernabeu. Menilik situasi sulit yang tengah dihadapi anak-anak asuhnya, Klopp menyebut, peluang Liverpool untuk bisa mengalahkan Los Blancos dan melaju ke babak perempat final tidak lebih dari satu persen.

''Walaupun memiliki peluang untuk lolos hanya satu persen, kami ingin tetap mencoba. Kami akan menghadapi lawan yang sangat kuat dan berusaha untuk bisa meraih kemenangan. Terdengar sulit, tapi bukan tidak mungkin,'' ujar Klopp seperti dikutip AFP, Rabu (15/3/2023).

Tidak hanya soal tertinggal agregat, Liverpool juga datang ke Stadion Santiago Bernabeu dengan modal tren negatif raihan hasil. Setelah mencukur Manchester United, 7-0, Liverpool malah menelan kekalahan, 0-1, kala menghadapi Bournemouth, akhir pekan lalu. Kekalahan ini menjadi kejutan teranyar yang diberikan The Reds pada musim ini.

Klopp pun menilai, keberhasilan menekuk Los Blancos dan melaju ke babak perempat final Liga Champions musim ini dapat menjadi kejutan tersendiri. ''Jika kami bisa mengejutkan banyak pihak dengan cara yang negatif, maka kami bisa memberikan kejutan serupa dengan cara yang lebih positif,'' kata eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Tantangan buat Liverpool pun tidak hanya berhenti di keberhasilan meraih kemenangan di markas Los Blancos tersebut. Mohamed Salah dan kawan-kawan setidaknya harus bisa mencetak tiga gol tanpa kebobolan dalam laga tersebut guna memperbesar peluang untuk bisa lolos ke babak perempat final Liga Champions.

Belum lagi dengan mentalitas bertanding Los Blancos kala tampil di ajang Liga Champions. ''Jika saya berada di sisi yang lain, saya juga akan berpendapat, Liverpool tidak memiliki peluang. Artinya, kami hanya sendirian dengan sedikit keyakinan. Namun, kami akan melihat bagaimana laga itu berakhir,'' ujar Klopp.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement