Selasa 21 Mar 2023 14:25 WIB

Ini Tips Lolos UTBK-SNBT 2023 dari Ketua Umum SNPMB 2023

Jangan pernah melakukan kecurangan dalam UTBK-SNBT.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Ketua Umum<a href= SNPMB Prof Mochamad Ashari memberikan tips agar siswa bisa lolos dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023. Foto : youtube snpmb" />
Ketua Umum SNPMB Prof Mochamad Ashari memberikan tips agar siswa bisa lolos dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023. Foto : youtube snpmb

Kampus—Sobat Kampus yang akan mengikuti UTBK-SNBT 2023 agar segera bersiap-siap melakukan pendaftaran mulai Kamis 23 Maret 2023 sampai 14 April 2023. Ketua Umum SNPMB Prof Mochamad Ashari memberikan tips agar siswa bisa lolos dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023.

Jalur SNBT member kuota yang besar untuk calon mahasiswa baru. Ashari mengemukakan, kuota jalur SNBT 30 persen untuk PTNBH dan 40 persen untuk yang bukan PTNBH.

“Kesempatan lebih besar karena prosentasi lebih besar,” kata Mochamad Ashari dalam webinar Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2023 yang digelar pantia SNPMB Selasa (21/03/2023).

Ashari mengungkapkan, tata cara SNBT 2023 hampir sama dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Perbedaannya hanya dari sisi konten. Sebelumnya ada dua macam seleksi, yakni tes skolastik (TPS) dan tesk akademik (TPA). SNBT hanya mengujikan tes Skolastik (TPS) dengan beberapa subtes literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta literasi matematika.

Baca juga :

Siswa yang Akan Ikut Seleksi Masuk PTN Wajib Tahu, Ini Materi UTBK-SNBT 2023

Apa Itu Tes Potensi Skolastik yang Akan Diujikan di UTBK-SNBT 2023 ?

“Lihat contoh soal, agak berbeda. Lebih banyak gunakan logika, penalaran, tidak menggantungkan sisi akademik atau mata pelajaran yang selama ini Anda ambil di SMA, SMK, atau MA,” kata Ashari.

Baca juga :

10 Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasan Soalnya

10 Contoh Soal SNPMB 2023 Subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum UTBK-SNBT dan Pembahasannya

10 Contoh Soal Penalaran Umum SNPMB 2023 Jalur UTBK-SNBT dan Pembahasannnya

Tips Lolos UTBK-SNBT 2023 dari Ketua Umum SNPMB

1. Percaya Diri

Yakin dengan kemampuan Anda sendiri. Masing-masing orang punya kemampuan yang berbeda-beda. Yakinkan diri Anda bisa menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat. Jangan terkecoh informasi awal, misalnya bocoran soal atau orang yang mengaku-aku membuat soal.

Jangan percaya juga dengan jawaban orang di samping Anda, karena soal UTBK-SNBT 2023 didesain berbeda untuk setiap orang. Jadi kalaupun Anda mencontek teman di sebelah, percuma saja, karena soalnya berbeda.

2. Jangan Lakukan Kecurangan

Jangan tergoda untuk melakukan kecurangan. Jangan tergoda menggunakan teknologi. Tindakan itu beresiko karen ada pemeriksan dan prevent security dari panitia.

Jika peserta Anda ketahuan berbuat curang status peserta di UTBK akan selesai dan bahkan akan diproses secara hukum.

3. Jangan Lupa Berdoa

Jangan lupa berdoa untuk kesuksesan Anda dalam UTBK-SNBT 2023.

UNBK-SNBT digelar dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan 8 sampai 14 Mei 2023, sedangkan Gelombang II digelar 22 sampai 28 Mei 2023. Ujian ini dilaksanakan setelah lebaran. Jadi momen lebaran juga bisa digunakan untuk meminta doal dari orang-orang terdekat.

SNBT adalah pengganti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Bagi siswa lulusan 2021, 2022 dan 2023 yang hendak mendaftar UTBK-SNBT 2023 wajib memiliki akun SNPMB yang telah disimpan permanen.

Baca juga :

Tips Lolos PTN Idaman Melalui UTBK-SNBT 2023

Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 dan Jawabannya

Cek Peminat dan Daya Tampung Terbanyak Prodi Akuntansi 27 PTN di Jawa, Referensi SNBT 2023

10 Contoh Soal Penalaran Matematika UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasannya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

sumber : https://kampus.republika.co.id/posts/206869/ini-tips-lolos-utbk-snbt-2023-dari-ketua-umum-snpmb-2023
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement