Rabu 21 Jun 2023 17:15 WIB

Tidak Lolos PTN, Raih Kesempatan Berkuliah di PTS Berkualitas ‘Unggul’

Unisba merupakan salah satu PTS terbaik.

Red: Sandy Ferdiana
Raih sukses masa depan bersama Unisba.
Foto: Istimewa
Raih sukses masa depan bersama Unisba.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi daya tarik bagi para lulusan SMA/SMK/sederajat. Untuk saat ini, tampaknya anggapan bahwa PTN lebih baik dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dinilai kurang tepat.

PTN bukanlah segala-galanya. Kualitas akademis yang setara dengan PTN bisa diperoleh di PTS. Terlebih lagi pada PTS yang memiliki predikat unggul. Kalangan industripun saat ini banyak merekrut calon karyawannya dari perguruan tinggi dengan akreditasi unggul, termasuk soft skill dan pengalaman-pengalaman yang dimilikinya.

Universitas Islam Bandung (Unisba) merupakan salah satu PTS terbaik di Jawa Barat. Kampus ini menawarkan berbagai keunggulan dalam mempersiapkan lulusannya yang kompetitif.

Apa saja keunggulan yang dimiliki Unisba?

Pertama, Unisba sukses mempertahankan predikat puncak tertinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dengan diperolehnya akreditasi ‘A’ sejak tahun 2017 hingga ter-update menjadi ‘Unggul’ pada tahun 2022. Unisba juga meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Islam Swasta No. 1 di Jawa Barat.

Kedua, kurikulum berlandaskan Islam yakni pendidikan agama Islam yang diberikan selama tujuh semester dan pesantren yang dilaksanakan dua kali, yakni pesantren mahasiswa baru dan pesantren calon sarjana.

Khusus Fakultas Kedokteran, terdapat pesantren calon dokter. Kurikulum ini diberikan untuk membentuk lulusan Unisba berkarter 3M, yakni mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (inovator).

Harapannya, selain menguasai ilmu akademik, juga ilmu dan pembentukan karakter religius. Dengan begitu, mampu memberikan manfaat yang besar, tidak hanya di lingkungan kerja tetapi juga di masyarakat.

Ketiga, Unisba telah dilengkapi berbagai fasilitas dengan teknologi terkini untuk mendukung proses pembelajarannya. Mahasiswa dapat mengikuti kuliah dengan berbagai macam metode, seperti blended learning ataupun pembelajaran hybrid, serta kelas multimedia yang dilengkapi perlengkapan yang canggih.

Keempat, sumber daya manusia Unisba yang berkualitas. Para dosen dan tenaga kependidikannya memiliki integritas dan kredibilitas di bidang dan keilmuannya masing-masing.

Kelima, lokasi Kampus Unisba berada di pusat Kota Bandung, yakni di Jalan Tamansari Kota Bandung. Lkasi itu  mudah diakses oleh transportasi umum, serta dekat dengan tempat wisata sejarah, pusat perbelanjaan dan kuliner.

Keenam, biaya kuliah yang terjangkau dibandingkan dengan kampus lain. Besaran biaya studi berbeda-beda tergantung dari jurusannya.

Ketujuh, beragam beasiswa yang disediakan bersumber dari Unisba serta berbagai instansi pemerintahan dan perusahaan swasta.

Kedelapan, kualitas lulusan yang tidak kalah saing dan sudah tersebar di berbagai instansi negeri maupun perusahaan swasta, baik di dalam maupun luar negeri.

Unisba menyediakan berbagai fakultas dengan rumpun ilmu yang berbeda. Dari rumpun ilmu keagamaan, seperti Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Rumpun Ilmu Sains seperti Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik. Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora seperti Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Rumpun ilmu medis Unisba memiliki Fakultas Kedokteran dan Program Studi Farmasi.

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Unisba saat ini sudah masuk gelombang III, yang dibuka untuk dua jalur, yakni PMDK dan USM. Dibuka secara online dengan mengunjungi laman  https://www.unisba.ac.id/ kemudian memilih menu pendaftaran/admission.

Yuk daftar sekarang, gapailah cita-citamu setinggi langit dan raih masa depan bersama Unisba!

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰىةِ وَمُبَشِّرًاۢ بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗٓ اَحْمَدُۗ فَلَمَّا جَاۤءَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ قَالُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan (ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata, “Wahai Bani Israil! Sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu, yang membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan seorang Rasul yang akan datang setelahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Namun ketika Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, “Ini adalah sihir yang nyata.”

(QS. As-Saff ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement