Rabu 05 Apr 2023 02:55 WIB

Shalahuddin Al Ayubi Jarang Tertawa karena Masjid Al Aqsa Masih Ditawan

Shalahuddin Al Ayubi dijuluki Malik An-Naser yang berarti raja yang selalu menang.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Benteng Pertahanan Salahuddin Al-Ayubi. Shalahuddin Al Ayubi Jarang Tertawa karena Masjid Al Aqsa Masih Ditawan
Foto: republika
Benteng Pertahanan Salahuddin Al-Ayubi. Shalahuddin Al Ayubi Jarang Tertawa karena Masjid Al Aqsa Masih Ditawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama lengkap Shalahuddin Al-Ayubi adalah Yusuf bin Ayub bin Syadzi. Panggilannya adalah Abu Al-Muzhffar dan julukannya adalah Malik An-Naser yang berarti raja yang selalu menang.

Shalahuddin Al-Ayubi yang dilahirkan pada tahun 532 Hijriyah di Tikrit, Irak bagian utara dikisahkan jarang terlihat sedang tertawa. Alasan Shalahuddin Al-Ayubi mengapa jarang terlihat tertawa karena Masjid Al Aqsa masih ditawan.

Baca Juga

"Bagaimana saya bisa tertawa sedangkan Masjid Al Aqsa masih ditawan," kata Shalahuddin Al-Ayubi.

Setelah pertempuran Hiththin, pasukan Shalahuddin Al-Ayubi pergi menuju ke arah Baitul Maqdis. Dia ingin membebaskan Baitul Maqdis dari cengkeraman kaum Salib yang telah mendudukinya selama 91 tahun.

Melalui pertempuran yang sangat sengit, Shalahuddin Al-Ayubi berhasil membebaskan kota tersebut dari kekuasaan mereka. Pertempuran ini bertepatan dengan peringatan Isra dan Mi'raj.

Tidak lama berselang setelah pertempuran tersebut. Shalahuddin Al-Ayubi berhasil membebaskan Thabariyah, Uka, Shoeda, Gaza, Nablis, Asqalan, dan beberapa kota lain dari kekuasaan orang-orang Salib.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement