Selasa 09 May 2023 05:35 WIB

Pakistan-Taliban Sepakat Turunkan Ketegangan dan Tingkatkan Perdagangan

Pakistan dan Taliban Afghanistan telah sepakat untuk meningkatkan perdagangan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pemerintah Pakistan dan Taliban Afghanistan telah sepakat untuk meningkatkan perdagangan dan menurunkan ketegangan di sepanjang perbatasan kedua negara.
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Pemerintah Pakistan dan Taliban Afghanistan telah sepakat untuk meningkatkan perdagangan dan menurunkan ketegangan di sepanjang perbatasan kedua negara.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pemerintah Pakistan dan Taliban Afghanistan telah sepakat untuk meningkatkan perdagangan dan menurunkan ketegangan di sepanjang perbatasan kedua negara. Kesepakatan ini hasil dari pertemuan Menteri Luar Negeri Pakistan Bilawal Bhutto Zardari dan Menteri Luar Negeri yang ditunjuk Taliban Afghanistan Amir Khan Muttaqi di Islamabad pada Ahad (7/5/2023).

"Mengadakan pertukaran yang jujur dan mendalam tentang isu-isu utama yang menjadi perhatian bersama, termasuk perdamaian dan keamanan, serta perdagangan dan konektivitas," ujar keterangan Kementerian Luar Negeri Pakistan dikutip dari Aljazirah.

Baca Juga

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Pakistan, perjanjian tersebut dirancang untuk meningkatkan perdagangan bilateral. Poin lainnya adalah memerangi terorisme dan meningkatkan hubungan bilateral.

Kedua belah pihak menegaskan kembali keinginan untuk mengejar keterlibatan yang berkelanjutan dan praktis. Menurut kedutaan besar Afghanistan, Muttaqi dan delegasinya bertemu dengan Bhutto Zardari dan pejabat lainnya.