Kamis 25 May 2023 17:24 WIB

Kritik Saut Situmorang untuk MK yang Perpanjang Jabatan Pimpinan KPK

Saut nilai mau diperpanjang 20 tahun, kalau pimpinan KPK seperti sekarang gak manfaat

Rep: Flori Sidebang/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan pimpinan KPK, Saut Situmorang.
Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA
Mantan pimpinan KPK, Saut Situmorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eks Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menilai, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perubahan masa jabatan pimpinan KPK dari empat tahun menjadi lima tahun tidak akan mempengaruhi apapun. Menurut dia, keputusan itu tak bakal membuat pemberantasan korupsi menjadi lebih efektif.

"Menurut saya, putusan itu tidak mengubah secara keseluruhan pemberantasan korupsi menjadi lebih efektif efisien, nonsense itu," kata Saut saat dikonfirmasi, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga

Saut mengatakan, keputusan itu memang merupakan kewenangan MK. Namun, ia menyebut, para hakim tidak melihat rekam jejak pimpinan KPK saat ini. "Di dalam menjalankan wewenang itu, apakah mereka sudah melihat kondisi di lapangannya kayak apa sekarang kan gitu kan," ujar Saut.

Dia pun meragukan kinerja KPK, meski masa jabatan pimpinan KPK telah ditambah. "Kalau menurut pandangan saya, anda mau ngasih 20 tahun, 10 tahun juga kalau kondisinya KPK saat ini enggak ada yang disebut bicara bermanfaat, adil, dan pasti," jelas Saut.