Sabtu 27 May 2023 06:22 WIB

Bule Bugil di Bali Diduga Stres, Mengapa ODGJ tak Malu Telanjang di Depan Umum?

Kondisi terkait ketelanjangan terkadang dijumpai pada beberapa orang ODGJ.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Tangkapan layar seorang bule telanjang saat berlangsungnya pertunjukan tari Bali di Puri Saraswati Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Polda Bali telah memeriksa bule tersebut.
Foto: Dok. Twitter
Tangkapan layar seorang bule telanjang saat berlangsungnya pertunjukan tari Bali di Puri Saraswati Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Polda Bali telah memeriksa bule tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah insiden menggemparkan terjadi di tengah pertunjukan tari yang berlangsung di Puri Saraswati Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Senin (22/5/2023). Seorang warga negara asing (WNA) perempuan asal Jerman tiba-tiba ikut menari dengan kondisi telanjang.

Petugas Puri Saraswati segera mengamankan bule itu karena dianggap telah bertindak tidak etis di depan orang banyak, lalu melaporkannya kepada Polsek Ubud, Gianyar. Kepolisian Daerah Bali lantas menyebutkan perempuan bernama Darja Tuschinski (28 tahun) itu diduga mengalami gangguan kejiwaan atau depresi, karena kehabisan uang untuk tinggal di Bali.

Baca Juga

Menilik dari kejadian tersebut, kondisi terkait ketelanjangan atau berpakaian kurang memadai terkadang dijumpai pada beberapa orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yang terkadang juga menolak untuk diberi pakaian. Memang tidak semua ODGJ demikian, namun apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

Dikutip dari laman Slate, Jumat (26/5/2023), kondisi itu bisa disebabkan oleh psikosis, yakni gangguan mental yang ditandai dengan diskoneksi dari kenyataan. Psikosis dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit jiwa seperti skizofrenia.