Jumat 02 Jun 2023 23:17 WIB

Langkah PSSI Datangkan Legenda Dunia Jadi Terobosan Berkelas dalam Memotivasi Pemain Muda

Para legenda itu pernah mencicipi semua prestasi tertinggi dunia.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda Brasil, Roberto Carlos memberikan instruksi kepada tim merah U-16 dalam Fourfeo Mini Tournament di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (1/6/2023)
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Legenda Brasil, Roberto Carlos memberikan instruksi kepada tim merah U-16 dalam Fourfeo Mini Tournament di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (1/6/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, PSSI terus melakukan terobosan. Salah satunya adalah dengan mendatangkan sejumlah legenda sepak bola dunia. 

Lima legenda sepak bola dunia yang didatangkan Roberto Carlos, Juan Sebastian Veron, Marco Materazzi, Eric Abidal, dan Giorgos Karagounis. Mereka datang untuk memberikan pelatihan dan motivasi bagi para pemain tim U-16, Kamis (1/6/2023). 

Baca Juga

Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo menyambut positif langkah PSSI tersebut dan memberikan penilaiannya. "Ya, buat sharing pengalaman, kesuksesan mereka sebagai pemain sepak bola, itu sangat baik," kata dia kepada republika.co.id, Jumat (2/6/2023). 

"Ini hal yang positif untuk para pemain. Para pemain muda Indonesia saat ini mungkin ada yang tidak tahu bagaimana kehebatan para pemain legenda dunia seperti Carlos, Matterazi, Abidal, atau Veron saat masih menjadi pemain di klubnya atau di timnas mereka masing-masing," ujarnya.

"Dari pertemuan itu setidaknya pemain bisa mencari tahu lagi bagaimana kisah mereka saat masih bermain. Itu bisa jadi motivasi buat pemain-pemain muda kita," ujar Kesit menambahkan. 

Menurut Kesi, tak hanya berhenti sampai di situ. Keinginan yang kuat untuk berkembang juga harus dimiliki para pemain muda tersebut. "Agar bisa menjadi hebat tiada lain, berlatih, berlatih dan berlatih. Harus bersikap dan bertindak lebih disiplin dan profesional. Karena hanya dengan cara itulah para pemain muda bisa membentuk karakternya," kata dia. 

"Jika secara tim, PSSI harus lebih banyak memberikan pertandingan-pertandingan uji coba internasional dengan lawan yang berkualitas dari situ diharapkan mereka akan lebih siap dan teruji saat beranjak menjadi pemain senior, dan dapat bersaing di level Asia atau bahkan dunia," ungkap Kesit.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement