Selasa 06 Jun 2023 18:36 WIB

Jajanan Pasar Tradisional Khas Makassar Sulawesi Selatan

Jajan pasar khas Makassar

Rep: Ahsana Nur Amalia/ Red: Partner
.
Foto: network /Ahsana Nur Amalia
.

Diantara beragam kuliner nusantara, kue tradisional atau jajanan pasar merupakan warisan kuliner yang berharga dalam deretan wisata kuliner nusantara. Setiap provinsi, kota, bahkan daerah memiliki jajanan tradisional yang bermacam-macam. Keberagaman ras, suku, dan budaya melahirkan ribuan jajajan tradisional khas Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki beragam jajan tradisional adalah Makassar, Sulawesi Selatan.

1. Barongko

Makassar dikenal dengan keahliannya membuat makanan tradisional yang lezat berbahan dasar pisang dan barongko adalah salah satunya. Barongko dibuat dengan campuran tepung terigu, santan, vanili, garam, dan bahan lainnya. Barongko dibungkus dengan daun pisang yang menjadikan kue tradisional satu ini mengeluarkan aroma wangi khas daun pisang saat dibuka.

Kue ini juga dibungkus dengan bentuk unik yang menyerupai perahu. Saat bungkusnya dibuka, barongko akan terlihat berwarna putih kekuningan dan memiliki tekstur yang lembut saat dimakan. Pada zaman dahulu, barongpo adalah salah satu kudapan mewah yang hanya dinikmati oleh para bangsawan dan biasa disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat.