Senin 12 Jun 2023 21:57 WIB

Luhut Buka Opsi Tambah Insentif Kendaraan Listrik

Agenda transisi ke kendaraan listrik adalah tugas semua lini.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Erdy Nasrul
Mobil listrik Toyota bZ4X dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor sejak tahun lalu. Kini pemerintahmenetapkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) untuk kendaraan listrik berbasis baterai milik pribadi sebesar 0 persen.
Foto:

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yudo Dwinanda Priaadi mengatakan pemerintah terus melakukan upaya percepatan untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia serta mendukung rencana aksi transisi energi menuju energi bersih.

Untuk itu, menurut dia, pemerintah tengah menyusun berbagai strategi guna meningkatkan keinginan masyarakat menyukseskan program tersebut.

"Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38 Tahun 2023 dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2023, yang mana pemerintah memberikan insentif bagi masyarakat yang ingin melakukan konversi motor BBM ke listrik," ujarnya.

Yudo melanjutkan insentif yang diberikan berupa bantuan sebesar Rp7 juta per unit motor. Berdasarkan Permen ESDM 3/2023, target penerima bantuan pemerintah tersebut sebanyak 50.000 unit pada 2023 dan 150.000 unit pada 2024.

Ia menegaskan untuk mencapai target tersebut dibutuhkan dukungan dan kolaborasi berbagai pihak.

"Kementerian Perhubungan dan Polri telah menyatakan dukungannya terhadap program konversi motor listrik dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut," ujar Yudo.

Di sisi lain, untuk mendukung percepatan konversi, Kementerian ESDM terus meningkatkan jumlah bengkel konversi motor listrik.

Hingga saat ini, telah terdapat 21 bengkel tersertifikasi untuk konversi motor listrik. Sebanyak enam bengkel sudah masuk dan tersedia di website program konversi motor listrik, sementara lainnya masih dalam proses.

 

Selain itu, Kementerian ESDM melalui PPSDM KEBTKE telah menggandeng 20 UMKM bengkel motor untuk menjadi angkatan pertama yang mendapatkan delapan pelatihan konversi motor BBM ke motor listrik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement