Senin 12 Jun 2023 21:57 WIB

Luhut Buka Opsi Tambah Insentif Kendaraan Listrik

Agenda transisi ke kendaraan listrik adalah tugas semua lini.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Erdy Nasrul
Mobil listrik Toyota bZ4X dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor sejak tahun lalu. Kini pemerintahmenetapkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) untuk kendaraan listrik berbasis baterai milik pribadi sebesar 0 persen.
Foto:

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menyebutkan peran humas pemerintah menjadi sangat krusial (penting) dalam mendukung program konversi motor berbahan bakar minyak menjadi listrik.

Menurut dia, konversi motor listrik adalah langkah penting pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menangani perubahan iklim global.

"Dengan menggantikan motor bahan bakar fosil konvensional ke motor listrik yang ramah lingkungan, kita dapat mengurangi polusi udara, menghemat bahan bakar, dan bergerak menuju transportasi yang berkelanjutan," kata Usman saat acara Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas), yang mengusung tema "No Emisi, Yes Konversi" di Tangerang Selatan, Banten, Senin (21/6/2023).

Ia melanjutkan program nasional konversi motor listrik bertujuan untuk mempercepat adopsi motor listrik di Tanah Air.

Sejalan dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah, program itu juga melibatkan berbagai upaya mulai dari penyediaan insentif bagi konsumen, pengembangan infrastruktur pengisian, hingga edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Melalui forum ini, kita dapat membahas langkah-langkah yang telah diambil, tantangan yang dihadapi, serta potensi manfaat yang dapat diperoleh dari program ini," kata Usman, yang juga Ketua Umum Bakohumas tersebut.

Humas pemerintah, tambahnya, dibutuhkan untuk mengedukasi publik guna menumbuhkan kesadaran dan pemahaman yang baik tentang urgensi dan manfaat program konversi motor listrik.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement