Rabu 14 Jun 2023 00:05 WIB

Kisruh Utang Rp 800 Miliar Hingga Tudingan Anak Buah Sri Mulyani 'Asbun' dari Jusuf Hamka

Jusuf Hamka heran ketika menagih haknya malah dituduh memiliki utang.

Rep: Novita Intan, Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo
Pengusaha nasional Jusuf Hamka.
Foto: Republika.co.id
Pengusaha nasional Jusuf Hamka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kisruh soal utang Rp 800 miliar antara pengusaha Jusuf Hamka dan Kementerian Keuangan kian memanas. Pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk itu menceritakan kronologi asal-usul utang pemerintah kepada dirinya.

Itu bermula dari deposito milik perusahaannya di Bank Yakin Makmur (Bank Yama) yang tak kunjung diganti selepas likuidasi pada krisis moneter 1998. Jusuf Hamka mengatakan, pemerintah berdalih Citra Marga Nusaphala terafiliasi dengan pemilik Bank Yama, yakni Siti Hardijanti Hastuti Soeharto atau Tutut Soeharto.

Baca Juga

Namun, pria yang akrab disapa Babah Alun itu membantah tudingan tersebut. Dia lantas mengajukan gugatan dan menang di Mahkamah Agung (MA) pada 2015. Atas putusan itu, pemerintah diwajibkan membayar deposito Citra Marga Nusaphala Persada beserta bunganya sebesar 2 persen per bulan.

Jusuf mengaku dirinya juga sudah bersurat dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan pada 2019-2020 untuk menagih pembayaran utang. Namun, dia mengaku Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan selalu sulit dihubungi, dengan dalih masih melakukan verifikasi di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban, mengatakan tagihan kepada grup Citra Marga Nusaphala Persada merupakan terkait aset BLBI. "Kami sendiri masih memiliki tagihan kepada tiga perusahaan di bawah grup Citra. Tidak ingat angkanya, ratusan miliar. Terkait BLBI juga," ujarnya.

Jusuf Hamka geram dengan pernyataan Rionald Silaban itu. Menurut dia, Kemenkeu memiliki utang sekitar Rp 800 miliar kepada Citra Marga Nusaphala Persada. Dia mengaku heran dengan pernyataan anak buah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang terkesan asal bicara tanpa data.

"Saya kalau bicara tak pernah fitnah tak pernah ngarang, tapi kalau anak buah Bu Menteri Keuangan itu asal bunyi," kata Jusuf Hamka kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Menurut Jusuf, Citra Marga Nusaphala Persada tidak memiliki utang ke negara melalui BLBI. Karena itu, dia berani bertaruh dengan dengan Dirjen Rionald Silaban untuk mempertanggungjawabkan pernyataannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement