Selasa 20 Jun 2023 23:18 WIB

Tidur Miring ke Kanan atau Kiri, Mana yang Lebih Baik?

Orang yang punya masalah mendnegkur disarankan tidur miring ke kiri.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur (ilustrasi). Sebagian besar orang memiliki sisi favorit untuk tidur. Ada yang memilih untuk tidur miring ke kanan dan kiri.
Foto: Needpix
Tidur (ilustrasi). Sebagian besar orang memiliki sisi favorit untuk tidur. Ada yang memilih untuk tidur miring ke kanan dan kiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagian besar dari Anda memiliki sisi favorit untuk tidur. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa tidur miring kiri memiliki manfaat yang baik.

Seperti yang dijelaskan oleh ahli nutrisi herbal Ali Ramadan (juga dikenal sebagai @holisticali) di Tiktok, ada beberapa manfaat tidur miring kiri. Menurut Heathline, tidur miring kiri dianggap memiliki manfaat paling besar bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga

Ramadan menjelaskan dalam video tersebut bahwa ketika kita tidur miring ke kiri, perut dan cairan lambungnya tetap lebih rendah dibandingkan kerongkongan. Ini dapat membantu mengurangi mulas dan gangguan pencernaan.

“Tidur miring kiri juga mengurangi tekanan pada punggung dan merupakan cara ideal bagi ibu hamil untuk tidur,” kata Ramadan dilansir Huffpost, Selasa (20/6/2023).

Tidur miring kiri saat hamil dapat membantu aliran darah antara jantung, janin, rahim, dan ginjal, sekaligus mengurangi tekanan pada hati. Secara umum, orang yang mendengkur, mengalami refluks asam, tekanan darah tinggi, atau memiliki masalah pencernaan, disarankan tidur miring kiri. Namun ada beberapa manfaat tidur miring kanan, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, yang mungkin merasa lebih nyaman.

Jika ingin mengurangi risiko sakit punggung dan mendapatkan istirahat malam yang cukup, tidur telentang bisa menjadi jawabannya. Menurut pakar tidur dari Everynight Mattresses, Kiera Prichard, hanya 10 persen orang yang tidur dalam posisi optimal. Sebagai perbandingan, 74 persen dari kita tidur menyamping, sementara 16 persen orang tidur tengkurap.

“Tidur telentang adalah posisi yang paling direkomendasikan karena tulang belakang di punggung dapat sejajar secara alami dalam posisi netral tanpa kekusutan atau lekukan,” kata Prichard.

“Tidur telentang mungkin lebih sehat untuk tulang belakang sedangkan tidur miring kanan bermanfaat untuk jantung. Tidur tengkurap adalah satu-satunya posisi yang dianggap tidak sehat karena sangat menekan tulang punggung,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement