Kamis 22 Jun 2023 20:54 WIB

Majukan Generasi Muda, UPH Gandeng Media Massa Berikan Edukasi Berkualitas

UPH melihat media massa sebagai salah satu mitra strategis untuk edukasi masyarakat

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
UPH menggelar acara UNBOX! UPH di Kampus Lippo Village, Tangerang, pada 22-24 Juni 2023. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, UPH turut mengadakan acara Media Gathering pada Kamis, 22 Juni 2023.
Foto: dok UPH
UPH menggelar acara UNBOX! UPH di Kampus Lippo Village, Tangerang, pada 22-24 Juni 2023. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, UPH turut mengadakan acara Media Gathering pada Kamis, 22 Juni 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Perkembangan di berbagai bidang akibat pandemi, transformasi di bidang teknologi, dan perubahan lingkungan telah mengakibatkan berbagai perubahan besar hampir di seluruh aspek kehidupan. Perubahan-perubahan tersebut tidak dapat dihindari dan juga akan membawa dampak besar bagi struktur ketenagakerjaan secara global di masa depan.

Universitas Pelita Harapan (UPH) menyadari perannya dalam mempersiapkan generasi muda untuk sukses di era digital dan menjadi pemimpin unggul. Oleh karena itu, UPH menggelar acara UNBOX! UPH di Kampus Lippo Village, Tangerang, pada 22-24 Juni 2023.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi pelajar SMA untuk memaksimalkan potensi mereka dan mempersiapkan mereka agar dapat berkontribusi sebagai para pemimpin bangsa yang unggul, kreatif, dan berwawasan luas. 

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, UPH turut mengadakan acara Media Gathering pada Kamis, 22 Juni 2023. UPH melihat media massa sebagai salah satu mitra strategis utama dalam penyebaran informasi dan edukasi bagi masyarakat. Dengan mengangkat tema ‘UNBOX (Y)OUR POTENTIAL!’, acara ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dan membuka peluang kerja sama dengan berbagai media massa.  

Acara UPH Media Gathering 2023 turut dihadiri oleh Stephanie Riady, B.A., M.Ed., selaku Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH); Binsar Pandiangan selaku Wakil Rektor bidang Pemasaran dan Pengembangan UPH; Eric Jobiliong, Ph.D., selaku Associate Provost for Academic and Innovation sekaligus Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FaST) UPH; Andry M. Panjaitan, S.T., M.T., CPHCM selaku Associate Provost For Student Development UPH; Hendra Thamrindinata, S.Si., M.Div.  M.A. (Th.), Ph.D. (Cand.) selaku Associate Provost For Faith And Learning Integration UPH. 

Dalam sambutannya, Stephanie Riady menyampaikan harapannya agar UPH, sebagai bagian dari ekosistem YPPH dapat menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan dunia saat ini dan masa depan. Ia juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh media massa.  

“Kita memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat. Tugas ini sangat besar, dan kami sadar tidak dapat melakukannya sendirian. Oleh karena itu, kami mengapresiasi kemitraan dan sinergi yang telah terjalin dalam memajukan pendidikan Indonesia. Kami berharap agar kemitraan ini dapat terus berlanjut untuk membawa dampak positif bagi masyarakat melalui pendidikan yang berkualitas dan penyampaian informasi yang akurat dan mendidik,” kata Stephanie.  

Sementara itu, VP Marketing and Growth UPH Binsar Pandiangan menjelaskan latar belakang dan diadakannya acara UNBOX! UPH. 

“Anak-anak yang saat ini sedang duduk di bangku pendidikan di sekolah merupakan bibit unggul generasi penerus dan penentu masa depan bangsa. Pada tahun 2045, mereka akan menjadi penduduk usia produktif. Oleh karena itu, institusi pendidikan memiliki peran kunci dalam memberikan pendidikan dam kesempatan berprestasi bagi mereka. Untuk itu, kami menghadirkan UNBOX! UPH,” jelas Binsar.  

Binsar mengungkapkan, acara UNBOX! UPH sebenarnya sudah dilaksanakan sejak Januari 2023 dengan melakukan kunjungan atau roadshow ke sejumlah sekolah di wilayah Jabodetabek. Sementara puncak dari acara tersebut, digelar pada 22-24 Juni 2023 di UPH Kampus Lippo Village. Acara ini mencakup Kompetisi UNBOX! your Talents di mana peserta dapat mengasah keterampilan mereka di berbagai bidang, seperti olahraga, seni, dan science. 

Selain itu, terdapat juga masterclass UNBOX! your Potentials, yang memberikan  pembekalan tentang potensi diri dan tren karier masa depan; UNBOX! your Faculty yang memberikan pemahaman pilihan program studi yang tepat beserta peluang kariernya. Tidak ketinggalan, terdapat pula bazaar UNBOX! Market yang menghadirkan puluhan tenant, serta acara puncak UNBOX! Concert yang akan menampilkan para mahasiswa dari prodi Conservatory of Music UPH, penyanyi Ziva Magnolya, dan grup musik RAN. 

Peserta yang mendaftar acara ini berasal dari lebih dari 100 sekolah dari wilayah Jabodetabek hingga yang juga ikut berpartisipasi dalam kompetisi UNBOX! your Talents. Selain itu, ada juga peserta dari kalangan mahasiswa serta masyarakat umum dengan target total 10.000 peserta selama seluruh rangkaian kegiatan. 

“UPH berharap melalui kegiatan ini, siswa/i SMA dapat mengenal potensi diri, serta memilih jurusan dan universitas yang tepat sehingga mereka dapat mencapai potensi optimal mereka. Hal ini sejalan dengan misi UPH untuk mencetak transformational leaders – para calon pemimpin masa depan yang unggul dan mampu membawa dampak bagi Indonesia dan dunia,’’ tutur Binsar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement