Senin 26 Jun 2023 09:10 WIB

BPDPKS Gandeng Mutu Institute Beri Rangkul Petani Kelapa Sawit Riau Tingkatkan Kecakapan

Provinsi Riau memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Petani di kebun kelapa sawit.  (Ilustrasi)
Foto: Darmawan/Republika
Petani di kebun kelapa sawit. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIAU -- Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama Mutu Institute - Forestcitra Sejahtera kembali menyelenggarakan pelatihan ISPO untuk petani kelapa sawit di Provinsi Riau. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit (2023) yang didanai oleh BPDPKS.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulfadli, mengatakan kampanye ini sangat penting dan harus terus dilakukan untuk mendukung pekebun sawit swadaya. Menurut Zulfadli, Provinsi Riau memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia, dan hanya sekitar 30 persen perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISPO. Zulfadli juga menuntut langkah-langkah untuk pendukung pekebun sawit tidak hanya untuk petani kecil di wilayah Siak dan Kampar, tetapi juga di wilayah lain di Provinsi Riau dalam pengembangan SDM berikutnya.

Baca Juga

“Kami meminta kepada BPDPKS, untuk tahun-tahun berikutnya jangan hanya pekebun dari Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar saja yang dilibatkan, tetapi pekebun dari kabupaten lain juga perlu dilibatkan sebagai peserta pelatihan ISPO”,  kata Zulfadli seperti dilansir pada Senin (26/6/2023).

Direktur Utama Mutu Institute Sumarna selaku direktur lembaga pelatihan yang menyelenggarakan pelatihan ISPO di Riau mengatakan, kewajiban sertifikasi ISPO bagi pekebun kelapa sawit diatur melalui Perpres No 44 Tahun 2020 dan Permentan no 38 2020 serta paling lambat tahun 2025, semua pekebun kelapa sawit harus bersertifikat ISPO. 

“Kami Mutu Institute telah ditunjuk dan dipercaya oleh BPDPKS sebagai salah satu lembaga penyelenggara Pelatihan ISPO untuk Pekebun. Pelatihan ISPO untuk Pekebun di provinsi Riau ini diikuti oleh 115 orang Pekebun yang terdiri dari 87 orang Pekebun dari Kabupaten Siak dan 28 orang Pekebun dari Kabupaten Kampar," kata dia.

Ketua panitia kegiatan Wahyu Riyadi menjelaskan, selain pelatihan teori yang diberikan, para pekebun juga diajak mengunjungi salah satu kelompok tani yang berhasil meraih sertifikasi ISPO, yaitu Gapoktan Pandan Jaya, terletak di Desa Empang Pandan, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. 

"Hal ini dimaksudkan agar para peserta tidak hanya mendapatkan materi mengenai ISPO secara teori, namun juga dapat melihat bagaimana penerapannya di lapangan”, kata Wahyu kepada peserta pelatihan lapangan.

Pelatihan berakhir pada tanggal 23 Juni 2023. Di akhir kegiatan, peserta diminta membuat laporan singkat hasil studi lapangan penerapan ISPO di Gapooktan Pandan Jaya. Zaenudin, salah satu peserta pelatihan dari Koperasi Bering Jaya mengatakan bahwa pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga sudah banyak memberikan informasi yang bermanfaat dan dikemas dalam suasana yang menyenangkan sehingga pelatihan berjalan dengan lancar dan para peserta tidak merasa jenuh. 

Dengan adanya kegiatan pelatihan ISPO ini pemerintah mengupayakan untuk menerapkan pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia dan berpartisipasi untuk mengatasi masalah lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement