Senin 03 Jul 2023 18:08 WIB

KSP Moeldoko: TNI tak Bisa Ngawur Bebaskan Pilot Susi Air

Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang gegabah dalam pembebasan Philip Methertens.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Pasukan kelompok separatis teroris (KST) Papua menawan pilot Susi Air Capt Philip Mark Mehrtens.
Foto: Istimewa
Pasukan kelompok separatis teroris (KST) Papua menawan pilot Susi Air Capt Philip Mark Mehrtens.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko memastikan pemerintah terus berupaya membebaskan pilot Susi Air Philips Makr Methertens (37 tahun) yang disandera kelompok separatis teroris (KST) pimpinan Egianus Kogoya. Dalam upaya pembebasan tersebut, Moeldoko pun menegaskan, TNI tidak bisa bertindak gegabah dan ngawur.

Upaya pembebasan, kata dia, harus dilakukan dengan perhitungan yang baik. "Jadi kita juga kan melihat dinamika lapangannya. Kalau tentaranya nanti ngawur pembebasan korban kan repot juga. Harus dikalkulasi dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang gegabah,” ujar Moeldoko di gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2023).

Ia menekankan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya, termasuk melalui pendekatan lembut dan keras dalam menyelesaikan masalah ini. Masing-masing institusi baik TNI maupun Polri pun sudah mengetahui perannya, termasuk Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

“Ada pendekatan-pendekatan diplomasi, soft pendekatan, soft approach-nya ada, hard approach-nya. Masing-masing sudah tahu bagaimana melaksanakan perannya. Kepolisian melaksanakan peran seperti apa, TNI melaksanakan peran seperti apa, kementerian luar negeri melaksanakan peran seperti apa, ada. Ada jalur-jalur yang telah ditempuh,” jelasnya.

Namun, ia menegaskan, pemerintah ingin membebaskan sandera tanpa menimbulkan korban jiwa, seperti yang diminta oleh Pemerintah Selandia Baru. “Sekali lagi bahwa ada sebuah permintaan dari Pemerintah New Zealand supaya dalam penyelesaiannya itu bisa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan korban,” ungkap eks panglima TNI tersebut.

Karena itu, Moeldoko meminta masyarakat untuk bersabar menunggu upaya pembebasan tersebut. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah akan terus berupaya melakukan negosiasi untuk membebaskan pilot Susi Air Philips Makr Methertens dari KST. 

Jokowi mengatakan, pemerintah telah nenyiapkan berbagai upaya untuk membebaskan pilot Susi Air tersebut. "Kita akan terus berusaha, bernegosiasi. Sebetulnya banyak hal yang kita lakukan di sana tetapi tidak bisa saya buka di sini,” ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement