REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jika selama ini kita mengenal merek kosmetik dari Amerika, Eropa hingga Korea Selatan, tampaknya saat ini kita bisa berkenalan dengan produk kosmetik dari negeri tetangga, Thailand. Boleh dibilang
Sektor industri kecantikan, produk kosmetik dan perawatan pribadi di Thailand merupakan salah satu yang terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara. Pada 2022, data dari statista.com mengungkapkan, nilai pasar kosmetik mewah dan wewangian di Thailand mencapai sekitar 487 juta dolar AS.
Menurut Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, produk kosmetik dan perawatan pribadi berkembang pesat. Pertumbuhan yang kuat ini, di antaranya, karena adanya pergeseran generasi, yakni konsumen muda yang mulai memasuki pasar. ''Pada saat yang sama, perubahan ini diperkuat oleh internet dan media sosial, yang memiliki efek jangka panjang pada perilaku pembelian produk kecantikan,'' ujarnya dalam siaran pers, Jumat (14/7/2023).
Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Thailand dan para produsen untuk mengembangkan produksi dan memperluas merek-merek dalam negeri guna memperkenalkan produk kosmetik dan perawatan kulit Thailand ke manca negara. Jadi, tidak hanya untuk kebutuhan pasar domestik, produk kecantikan Thailand juga sudah melintas berbagai negara, sebutlah Jepang, Filipina, Vietnam, juga Indonesia.