Jumat 14 Jul 2023 17:21 WIB

Melirik Produk dan Peluang Bisnis Kosmetik Thailand

Potensi industri kecantikan Thailand akan terungkap dalam ajang business matching.

Red: Natalia Endah Hapsari
Produk kecantikan Thailand akan hadir dalam ajang Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching yang berlokasi di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada 25 Juli 2023 mendatang.
Foto: ICP
Produk kecantikan Thailand akan hadir dalam ajang Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching yang berlokasi di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada 25 Juli 2023 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jika selama ini kita mengenal merek kosmetik dari Amerika, Eropa hingga Korea Selatan, tampaknya saat ini kita bisa berkenalan dengan produk kosmetik dari negeri tetangga, Thailand. Boleh dibilang 

Sektor industri kecantikan, produk kosmetik dan perawatan pribadi di Thailand merupakan salah satu yang terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara. Pada 2022, data dari statista.com mengungkapkan, nilai pasar kosmetik mewah dan wewangian di Thailand mencapai sekitar 487 juta dolar AS.

Baca Juga

Menurut Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, produk kosmetik dan perawatan pribadi berkembang pesat. Pertumbuhan yang kuat ini, di antaranya, karena adanya pergeseran generasi, yakni konsumen muda yang mulai memasuki pasar. ''Pada saat yang sama, perubahan ini diperkuat oleh internet dan media sosial, yang memiliki efek jangka panjang pada perilaku pembelian produk kecantikan,'' ujarnya dalam siaran pers, Jumat (14/7/2023). 

Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Thailand dan para produsen untuk mengembangkan produksi dan memperluas merek-merek dalam negeri guna memperkenalkan produk kosmetik dan perawatan kulit Thailand ke manca negara. Jadi, tidak hanya untuk kebutuhan pasar domestik, produk kecantikan Thailand juga sudah melintas berbagai negara, sebutlah Jepang, Filipina, Vietnam, juga Indonesia.