Senin 24 Jul 2023 11:39 WIB

Bappebti Resmi Luncurkan Bursa Kripto, Pelaku Industri Respons Positif

Pihaknya berkomitmen untuk terus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Red: Fernan Rahadi
Bursa kripto (ilustrasi)
Foto: dokpri
Bursa kripto (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) resmi menetapkan bursa kripto. Hal itu melalui keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-BBAK/07/2023 yang secara resmi menunjuk PT Bursa Komoditi Nusantara sebagai pengelola bursa berjangka komoditi kripto, Senin (17/7/2023).

Dalam pengembangan dan penguatan bursa kliring, dan pengelola tempat penyimpanan aset kripto, Bappebti akan berkolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait, khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Keuangan. Ke depan, dengan ditunjuknya pengelola bursa berjangka komoditi kripto dapat menciptakan ekosistem perdagangan aset kripto untuk menjamin kepastian hukum dan mengutamakan perlindungan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki aset kripto.

VP of Operations Upbit Indonesia, Resna Raniadi, menyampaikan dukungannya. "Perkembangan aset kripto di Indonesia terbilang sangat pesat. Dengan ditunjuknya bursa kripto ini, kami mendukung langkah regulator yang tentunya akan memberikan kepastian dalam dari sisi hukum, transparansi, serta dapat melindungi para pelaku bisnis dan investor yang terlibat dalam industri kripto," kata Resna dalam siaran pers, Senin (24/7/2023).

Resna menambahkan pihaknya berkomitmen untuk terus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai regulator dan menunggu arahan selanjutnya baik dalam hal pendaftaran sebagai pedagang fisik aset kripto, juga beberapa hal teknis di lapangan lainnya. 

"Untuk ke depannya kami berharap dengan penetapan bursa ini dapat memberikan dampak yang lebih positif atas pertumbuhan dari pasar aset digital dan ekosistem kripto yang aman dan nyaman sehingga minat masyarakat dan calon investor untuk berinvestasi di perdagangan aset kripto akan terus bertumbuh. Upbit juga akan terus meningkatkan kinerja platform dan juga sistem kami, serta terus melakukan edukasi dan literasi investasi aset kripto kepada masyarakat Indonesia," ujar Resna.

Upbit, yang didirikan oleh Dunamu Inc. pada tahun 2017, adalah bursa perdagangan aset digital terbesar di Korea Selatan dengan teknologi blockchain, keahlian pengaturan, dan pengetahuan operasional kelas dunia. Upbit saat ini tersedia di Korea Selatan, Singapura, Indonesia, dan Thailand dan dapat digunakan melalui web dan aplikasi telepon seluler yang tersedia di Google Play Store, iOS App Store dan website id.upbit.com. Upbit Indonesia, bursa perdagangan aset digital yang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement