Senin 31 Jul 2023 15:15 WIB

Sorotan Utama Performa Barcelona Saat Mencukur Real Madrid

Para bek sayap Real Madrid terlihat kesulitan untuk bisa membantu serangan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jalannya laga Real Madrid Vs Barcelona, Ahad (30/7/2023).
Foto: AP Photo/Jeffrey McWhorter
Jalannya laga Real Madrid Vs Barcelona, Ahad (30/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DALLAS -- Barcelona tampil begitu meyakinkan saat menghadapi Real Madrid di laga pramusim, Ahad (30/7/2023) pagi WIB. Blaugrana membungkam salah satu rival terbesarnya itu tiga gol tanpa balas, dalam laga yang digelar di Stadion AT&T, Arlington, Dallas.

Barcelona membuka keunggulan saat laga baru berjalan 15 menit. Adalah Ousmane Dembele yang mampu memaksimalkan umpan terobosan Pedri, yang menerima sodoran bola dari eksekusi tendangan bebas Ilkay Gundogan. Namun, Barcelona baru bisa menambah keunggulan pada lima menit akhir pertandingan.

Baca Juga

Pada menit ke-85, Fermin Lopez, yang masuk sebagai pemain pengganti mencatatkan namanya di papan skor. Salah satu pemain muda di skuad Blaugrana itu melepaskan sepekan keras dari jarak jauh. Ferran Torres akhirnya melengkapi kemenangan Barcelona via torehan gol pada menit pertama masa injury time.

Menilik hasil yang ditorehkan di laga ini, Barcelona agaknya mulai menemukan formula dan secara perlahan kembali ke performa terbaik. Maklum, di laga sebelumnya, Blaugrana harus mengakui keunggulan runner-up Liga Primer Inggris musim lalu, Arsenal, 3-5.

Berdasarkan lansiran Barca Blaugranes, setidaknya ada tiga sorotan utama dari performa Blaugrana di laga kontra Real Madrid. Sorotan pertama tertuju pada performa solid Gundogan di sepanjang laga tersebut. Kendati berstatus sebagai pemain anyar, gelandang asal Jerman dinilai langsung memberikan dampak positif di lini tengah Blaugrana.

''Tenang dalam penguasaan bola, cerdik dalam melepaskan operan dan menentukan momen operan, Gundogan terasa sudah bermain bersama Barcelona dalam jangka waktu yang lama. Kesepahamannya dengan Frenkie de Jong juga cukup baik. Dia dengan mudah membantu transisi dari bertahan ke menyerang," demikian laporan Barca Blaugranes, Ahad (20/7/2023).

Sayangnya, Gundogan harus mengakhiri laga lebih cepat, bahkan saat babak pertama belum tuntas. Mantan gelandang Manchester City itu terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Sergi ROberto pada menit ke-41. Kabarnya, Gundogan mengalami cedera ringan di laga tersebut.

Sorotan kedua tertuju pada agresivitas permainan di sisi sayap yang ditunjukan Blaugrana. Kehadiran Alejandro Balde, yang diplot sebagai bek sayap kiri, dan Ousmane Dembele sebagai winger kanan dinilai mampu merepotkan pertahanan Real Madrid di sepanjang laga tersebut.

Para bek sayap Real Madrid terlihat kesulitan untuk bisa membantu serangan lantaran direpotkan dengan dua pergerakan pemain tersebut. Kehadiran pemain-pemain yang cepat di kedua sisi sayap ini tentu akan sangat dibutuhkan pelatih Xavi Hernandez pada musim ini.

Selain untuk menambah variasi serangan, kehadiran mereka juga dianggap krusial untuk melengkapi gaya permainan para gelandang di lini tengah. ''Pemain-pemain, seperti Oriol Romeu dan Pedri tidak dikenal karena kecepatannya. Karena itu, agar skema yang diterapkan Xavi bisa berjalan, Barcelona membutuhkan kecepatan di sisi sayap," lanjut laporan Barca Blaugranes tersebut.

Terakhir, sorotan tertuju pada performa lini belakang Blaugrana. Meski tampil solid dan mengakhiri laga tanpa kebobolan, lini belakang Blaugrana tetap memiliki catatan tersendiri. Ronald Araujo dan kawan-kawan diharapkan bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus.

''Keberhasilan para pemain Real Madrid melepaskan 16 tembakan pada babak pertama tentu bukan catatan yang bisa dibanggakan dari performa lini belakang,'' tulis laporan Barca Blaugranes tersebut.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement