Sabtu 05 Aug 2023 19:13 WIB

Remaja Palestina Tewas Ditembak Pemukim Yahudi Israel

Remaja Palestina meninggal saat terlibat bentrokan dengan pemukim Yahudi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Seorang remaja Palestina berusia 19 tahun tewas ditembak oleh pemukim Yahudi Israel di desa Burqa.
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Seorang remaja Palestina berusia 19 tahun tewas ditembak oleh pemukim Yahudi Israel di desa Burqa.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Seorang remaja Palestina berusia 19 tahun tewas ditembak oleh pemukim Yahudi Israel di desa Burqa. Remaja tersebut diidentifikasi bernama Qusai Jamal Maatan.

Dalam keterangannya yang dirilis Jumat (4/8/2023) malam, Kementerian Kesehatan Palestina mengungkapkan, Maatan gugur ketika dia dan sejumlah warga lainnya terlibat bentrokan dengan para pemukim Israel yang menyerbu desa Burqa. Dalam penyerbuan itu, para pemukim Israel turut membawa hewan-hewan untuk menunjukkan bahwa mereka ingin mendirikan permukiman ilegal baru dengan mencaplok tanah milik warga Palestina.

Baca Juga

Aksi para pemukim Israel diadang oleh penduduk desa Burqa. Bentrokan pun tak terhindarkan. Pada momen itu pemukim Israel melepaskan tembakan ke arah penduduk desa Burqa. Selain membunuh Maatan, tembakan oleh pemukim Israel melukai beberapa warga lainnya. Dalam penyerbuan itu, para pemukim Israel juga membakar dua kendaraan.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Palestina mengutuk keras aksi pembunuhan oleh pemukim Israel. Palestina mengatakan, kegagalan Israel dalam menghukum para pemukim ekstremis mendorong mereka untuk terus melakukan kejahatan terhadap warga Palestina.