Kamis 10 Aug 2023 15:08 WIB

RSUD Saiful Anwar Malang akan Lakukan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Aliyah dan Aisyah

Aliyah dan Aisyah, bayi kembar siam asal Malang, telah berusia 11 bulan.

Red: Reiny Dwinanda
Bayi kembar siam (Ilustrasi). Operasi pemisahan bayi kembar siam Aliyah dan Aisyah akan dilakukan di RSUD Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2023).
Foto: antara
Bayi kembar siam (Ilustrasi). Operasi pemisahan bayi kembar siam Aliyah dan Aisyah akan dilakukan di RSUD Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam berjenis kelamin perempuan berusia 11 bulan. Ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Malang Raya atau di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

"Operasi kembar siam ini adalah yang pertama kali di Malang Raya," kata Direktur Utama RSUD Saiful Anwar dr Bachtiar Budianto di Kota Malang, Kamis (10/8/2023).

Baca Juga

Bachtiar menjelaskan, pelaksanaan operasi pemisahan bayi kembar siam tersebut akan dilakukan pada Sabtu (12/8/2023) mulai pukul 06.00 WIB. Proses persiapan pelaksanaan operasi tersebut sudah dilakukan oleh tim dokter sejak beberapa waktu lalu.

Meskipun operasi pemisahan bayi kembar siam tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan RSUD Saiful Anwar, lanjutnya, tim dokter yang menangani pasien merupakan dokter-dokter ahli dan berpengalaman.

"Semua dokter ahli yang berpengalaman, dan merupakan konsultan pada masing-masing bidang dengan kompetensi tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Bachtiar menyebut para dokter ahli yang akan melakukan proses operasi pemisahan bayi kembar siam tersebut nantinya juga akan didampingi oleh dokter ahli lainnya dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya. Para dokter tersebut sudah berpengalaman dalam pemisahan bayi kembar dempet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement