Jumat 11 Aug 2023 16:52 WIB

Presiden Jokowi akan Pimpin 12 Pertemuan dalam KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Jokowi pun akan menghadiri konferensi pers pada akhir perhelatan KTT ASEAN ke-43.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Logo keketuaan Indonesia di ASEAN.
Foto: Asean
Logo keketuaan Indonesia di ASEAN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan memimpin 12 pertemuan dalam perhelatan KTT ASEAN ke-43 yang diagendakan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 September 2023 mendatang.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto R Suryodipuro mengungkapkan pertemuan yang bakal dipimpin Jokowi antara lain KTT ASEAN dalam format plenary dan retreat, KTT ASEAN-Cina ke-26, KTT ASEAN-Korea Selatan ke-24, KTT ASEAN-Jepang ke-26, KTT ASEAN-Amerika Serikat ke-11, KTT ASEAN-Kanada, KTT ASEAN Plus Three ke-26, KTT ASEAN-India ke-20, KTT ASEAN-Australia ke-3, East Asia Summit ke-18, dan KTT ASEAN-PBB ke-18.

Baca Juga

“Presiden juga akan memimpin kegiatan yang bersifat non-persidangan, seperti upacara pembukaan KTT ASEAN ke-43, pembukaan ASEAN Indo-Pacific Forum Implementation of AOIP (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific), gala dinner, serta upacara penutupan, dan penyerahan keketuaan ASEAN kepada ketua berikutnya, yaitu Laos,” kata Sidharto dalam pengarahan pers virtual di Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Jokowi pun akan menghadiri konferensi pers pada akhir perhelatan KTT ASEAN ke-43. Sidharto mengungkapkan sebanyak 27 pemimpin negara dan organisasi internasional diperkirakan akan menghadiri KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Direktur eksekutif IMF dan Bank Dunia juga direncanakan akan diundang. Kendati demikian, Sidharto belum dapat mengonfirmasi siapa saja pemimpin negara-negara yang bakal hadir dalam KTT. Dia hanya menekankan bahwa saat ini undangan telah dikirim dan sedang dalam proses konfirmasi.