Jumat 11 Aug 2023 19:04 WIB

Ayat Alquran Terkait Sains Lebih Banyak dari Ayat Terkait Hukum

Alquran banyak menjelaskan tentang sains.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ngaji Alquran.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi ngaji Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran memuat banyak hal mengenai kehidupan. Di dalamnya ada ayat tentang hukum, yaitu berupa perintah, larangan, peringatan. Selain itu, ada pula ayat tentang sains yang berbicara tentang apa yang ada di langit dan bumi, penciptaan manusia, titik temu dua laut yang berbeda, dan lainnya.

Di dalam buku Alquran dan Sains yang ditulis KH Ahmad Sarwat Lc dijelaskan bahwa ayat-ayat Alquran yang terkait dengan sains banyak yang tersebar di dalam Alquran. Bahkan jumlahnya jauh lebih banyak ketimbang ayat-ayat Alquran terkait dengan hukum.

Baca Juga

Bahkan, sebagian pendapat menyebutkan bahwa ayat-ayat Alquran yang mengarahkan manusia kepada terbukanya sains jumlahnya 800-an sampai 1.000-an ayat. Sedangkan, ayat-ayat Alquran terkait dengan hukum menurut pendapat yang paling popular hanya sekitar 200-an ayat saja.

Di dalam Alquran tidak kurang dari 800 ayat-ayat kawniah dalam hitungan Muhammad Ahmad Al-Ghamrawi. Sedangkan menurut Prof Zaghlul Al-Najjar ada 1.000 ayat yang tegas dan ratusan lainnya yang tidak langsung terkait dengan fenomena alam semesta.

Sebenarnya ada banyak pendapat tentang berapa jumlah ayat hukum. Al-Ghazali, Ar-Razi, Ibnu Qudamah dan juga Muqatil bin Sulaiman menyebutkan jumlahnya sekitar 500-an ayat. Sedangkan yang mengatakan 200-an ayat adalah Abu Ath-Thayyib Al-Qanuji (w. 1307 H). Alasannya beliau mengecek langsung setiap ayat dari 500-an ayat yang disebutkan sebelumnya. Namun, nampaknya sekitar 500-an ayat itu terlalu banyak kalau dianggap mengandung hukum.

Menurutnya, ayat yang mengandung tentang hukum hanya sekitar 200-an ayat. Tapi ada juga yang tidak membatasi jumlah ayat hukum, misalnya Ibnu Daqiq Al-Id yang mengutip dari Az-Zarkasyi. Selain itu juga ada pendapat Al-Qarafi, Ash-Shan'ani dan Asy-Syaukani.

Menariknya, ayat terkait hukum yang jumlahnya sekitar 200-an itu berkembang menjadi ribuan judul kitab fiqih yang memenuhi rak perpustakan.

Sebaliknya, meski begitu banyak ayat yang mengajak umat Islam meneliti dan mengamati sains, namun pada kenyataannya karya-karya umat Islam di bidang sains untuk saat ini justru sangat sedikit jumlahnya. Dilansir dari buku Alquran dan Sains yang ditulis KH Ahmad Sarwat Lc dan diterbitkan Rumah Fiqih Publishing, 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement