Sabtu 12 Aug 2023 21:18 WIB

Agama Islam akan Terus Tersebar

Penyebaran Islam secara besar-besaran dimulai pada masa Umar.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Agama Islam akan Terus Tersebar. Foto:  Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Agama Islam akan Terus Tersebar. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Agama islam disebutkan akan terus tersebar dengan luas. Awal mulanya agama ini tersebar yakni saat pemerintahan khalifah Umar bin Khatthab radhiyallahu anhu ketika terjadi penaklukan Persia dan Romawi.

Seperti dikutip dari Syarah 10 Hadits Qudsi Pilihan disusun Abu Hafizhah Irfan, Dari Tsauban radhiyallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda; 

Baca Juga

إن الله زَوَى لي الأرض، فرأيت مشارقها ومغاربها، وإن أمتي سيبلغ ملكُها ما زُوِيَ لي منها. وأعطيت الكنْزين الأحمر والأبيض. وإني سألت ربي لأمتي أن لا يهلكها بسَنَةٍ عامةٍ، وأن لا يُسَلِّطَ عليهم عدوا من سوى أنفسهم فيَسْتَبِيحَ بَيْضَتَهُمْ؛ وإن ربي قال: يا محمد، إذا قضيتُ قضاءً فإنه لا يُرَدُّ، وإني أعطيتك لأمتك أن لا أهلكهم بسنة عامة، وأن لا أُسَلِّطَ عليهم عدوا من سوى أنفسهم يَسْتَبِيحَ بَيْضَتَهُمْ ولو اجتمع عليهم مَنْ بأقطارها، أو قال من بين أقطارحتى يكون بعضُهم يُهْلِكُ بعضًا ويَسْبِي بعضُهم بعضًا.

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala menghimpun bumi kepadaku sehingga aku dapat melihat bagian timur serta bagian baratnya, dan kekuasaan umatku akan mencapai bumi yang dihimpunkan kepadaku. Aku diberikan dua perbendaharaan (berwarna) merah dan putih (yaitu; emas dan perak). Sungguh aku memohon kepada Rabbku untuk umatku (1) agar Dia tidak membinasakan umatku dengan bencana kelaparan yang menyeluruh, dan (2) agar tidak menguasakan mereka kepada musuh yang bukan dari golongan mereka sendiri sehingga akan membinasakan (kekuasaan) mereka. Sungguh Rabb-ku telah berfirman, “Wahai Muhammad, sesungguhnya aku jika menetapkan suatu ketetapan maka tidak akan dapat ditolak. Aku telah memberikanmu untuk umatmu bahwa (1) Aku tidak akan membinasakan mereka dengan bencana kelaparan yang menyeluruh, dan (2) Aku tidak akan menjadikan mereka dikuasai musuh yang bukan dari golongan mereka sendiri sehingga akan membinasakan (kekuasaan) mereka, meskipun musuh telah mengepung mereka dari seluruh penjuru dunia –atau di antara seluruh penjuru dunia- hingga sebagian mereka menghancurkan dan menjadikan tawanan sebagian yang lainnya.” (HR. Muslim)

Disebutkan dalam hadits di atas,

إن أمتي سيبلغ ملكُها ما زُوِيَ لي منها

“Kekuasaan umatku akan mencapai bumi yang dihimpunkan kepadaku.” 

Penyebaran Islam secara besar-besaran dimulai pada masa pemerintahan ’Umar radhiyallahu anhu dengan ditaklukkanya Persia dan Romawi. Lalu dilanjutkan pada masa pemerintahan ‘Utsman radhiyallahu anhu. ‘Utsman radhiyallahu anhu memegang jabatan khalifah sesudah ‘Umar radhiyallahu anhu pada tahun 23 Hijriah. 

Pada masa pemerintahannya Armenia, Al-Qauqaz, Khurasan, Karman, Sajastan, Afrika, dan Qubrus ditaklukkan. Dan kita harus yakin bahwa agama Islam akan terus tersebar.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement