Jumat 18 Aug 2023 04:14 WIB

Bikin Bangga, Studio Animasi Bandung Menang Kompetisi di Jerman

The Fox, The Folks merupakan studio multimedia animasi asal Bandung.

The Fox, The Folks  memenangkan kompetisi festival Projection Mapping internasional bergengsi, Schlosslichtspiele Karlsruhe di Jerman.
Foto: The Fox, The Folks
The Fox, The Folks memenangkan kompetisi festival Projection Mapping internasional bergengsi, Schlosslichtspiele Karlsruhe di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---The Fox, The Folks, sebuah studio seni multimedia animasi yang berbasis di Bandung, merayakan kemerdekaan Indonesia dengan kebanggaan besar setelah memenangkan kompetisi festival Projection Mapping internasional bergengsi, Schlosslichtspiele Karlsruhe di Jerman. Mereka berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi ini, sedangkan juara kedua diraih oleh Overlapping Studio x Simone Serlenga dari Jerman, dan Studio Sinoca, Silvia Isach dari Spanyol meraih juara ketiga.

Karya yang mengantarkan The Fox, The Folks meraih kemenangan ini adalah animasi lighting projection mapping yang luar biasa berjudul "Bhinneka Express". ''Karya tersebut sangat terinspirasi oleh nilai-nilai luhur Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, kesatuan dalam keberagaman, sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada dunia melalui seni,'' ujar Creative Director The Fox, The Folks, Fadjar Kurnia, dalam siaran pers, Kamis (17/8/2023). 

Baca Juga

Dalam liputan dengan koran lokal Karlsruhe, Badische Neusete Nachrichten, disebutkan bahwa ada 75 kontestan dari seluruh dunia untuk kompetisi di tahun 2023 ini. "Kontestan ada dari Amerika Selatan, Afrika, Asia, dan Eropa," ujar Martin Wacker, Direktur Pelaksana Pemasaran dan Acara ZKM Karlsruhe.

Festival Schlosstlichtspiele pertama kali diadakan pada tahun 2015 sebagai perayaan ke-300 tahun Kota Karlsruhe, dan menjadi kompetisi projection mapping internasional. Tahun 2023 ini merupakan tahun kedelapan festival ini diadakan.

The Fox, The Folks merupakan studio multimedia animasi asal Bandung yang terdiri dari Fadjar Kurnia, Fahry Aziz, Jessica Lovia, Nahrul Ulum dan Darina Maulana.

Keberhasilan ini disambut dengan penuh antusiasme di festival cahaya Schlosslichtspiele yang digelar di Karlsruhe, Jerman, pada tanggal 16 Agustus-17 September 2023. Karya "Bhinneka Express" menjadi salah satu sorotan utama festival ini yang memukau penonton dengan teknik animasi 2D dan cerita yang kaya akan makna.

Kegiatan ini, seperti judul acaranya diadakan di Schloss, atau istana di Kota Karlsruhe, di mana pengunjung dapat menikmati karya seni projection mapping lighting di taman sekitar istana.

Kemenangan The Fox, The Folks bukan hanya suatu kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga bagi seluruh Asia. Mereka adalah satu-satunya pemenang dari Asia dan Indonesia dalam kompetisi ini, membuktikan keunggulan dan bakat kreatif yang dimiliki oleh anak-anak bangsa. Diharapkan prestasi ini akan membawa kehormatan bagi Indonesia dan memberikan inspirasi bagi generasi berikutnya untuk menghasilkan karya-karya yang lebih menakjubkan di panggung internasional.

Pihak The Fox, The Folks mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan mempercayai karya mereka. Mereka berharap bahwa keberhasilan ini akan menjadi langkah awal dalam memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi besar dalam industri seni dan kreativitas.

sumber : Siaran pers
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement