Selasa 22 Aug 2023 07:42 WIB

Sultan HB X: Pertumbuhan Ekonomi DIY Dimulai dari Tingkat Desa

Pemda DIY sudah lama mendorong pengembangan desa mandiri.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Penyerahan Penghargaan Lomba Desa Wisata Tingkat DIY Tahun 2023 di Hotel Eastparc, Sleman, DIY.
Foto: Silvy Dian Setiawan
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Penyerahan Penghargaan Lomba Desa Wisata Tingkat DIY Tahun 2023 di Hotel Eastparc, Sleman, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan peningkatan kesejahteraan masyarakat akan lebih efektif jika digerakkan mulai dari tingkat desa. Hal ini disampaikan saat Penyerahan Penghargaan Lomba Desa Wisata Tingkat DIY 2023 di Hotel Eastparc.

Terkait hal itu, Pemda DIY juga telah mencanangkan kebijakan reformasi kelurahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sultan menyebut pihaknya telah mencoba membantu perekonomian di desa untuk merintis agar desa-desa di DIY bisa tumbuh dan berkembang.

"Kami coba pertumbuhan ekonomi di Yogya diturunkan di tingkat kecamatan, hingga desa punya kewajiban membuka lapangan kerja baru. Bagi para lurah, kami tegaskan, kami tidak ingin mengulang kembali fakta-fakta masa lalu, di mana di desa tidak ada lapangan pekerjaan selain petani dan nelayan,” kata Sultan.

Pemda DIY, imbuhnya, sudah lama mendorong pengembangan desa mandiri budaya, seperti Nglanggeran dan Mangunan. Namun dalam pengembangan desa mandiri, gubernur berharap disertai dengan perubahan pola pikir masyarakatnya yang harus lebih kreatif, inovatif, dan memiliki manajemen yang baik.