Senin 28 Aug 2023 09:55 WIB

6 Langkah Mudah Pacu Kinerja Laptop

Lakukan langkah-langkah mudah untuk meningkatkan kecepatan laptop secara instan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika mengetahui metode untuk meningkatkan kecepatan laptop, hal ini bisa membuat laptop lama berfungsi seperti baru./ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Jika mengetahui metode untuk meningkatkan kecepatan laptop, hal ini bisa membuat laptop lama berfungsi seperti baru./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tidak peduli seberapa bagus spesifikasi laptop, kecepatannya pasti akan lebih lambat pada satu waktu atau lainnya. Namun jika mengetahui metode untuk meningkatkan kecepatan laptop, ini bisa membuat laptop lama berfungsi seperti baru.

Dilansir dari GizChina, Senin (28/8/2023), siapa pun bisa menerapkan langkah-langkah ini untuk meningkatkan kecepatan laptop secara instan.

Baca Juga

 

1. Bersihkan Sistem Operasi Laptop

Pertama dan terpenting, periksa sistem operasi laptop dan bersihkan file sampah. Membersihkan sistem operasi yang berantakan dapat meningkatkan kecepatan laptop secara instan. Namun, ketika membersihkan sistem operasi untuk meningkatkan kecepatan laptop, tetap harus berhati-hati.

Hanya uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Andai ada aplikasi-aplikasi yang tidak familiar, sebaiknya cari tahu dulu fungsinya dan periksa apakah mereka diperlukan untuk sistem operasi. Jika tidak, hapus instalasinya untuk meningkatkan kecepatan laptop.

Bagaimana cara mengecek semua aplikasi yang terinstal di laptop? Klik Mulai, buka Pengaturan, klik Panel Kontrol, dan tekan Tambah atau Hapus Program. Di sana, akan terlihat daftar aplikasi yang terinstal di laptop. Pindai masing-masingnya dan hapus instalan yang tidak diperlukan.

 

2. Batasi Program di Startup

Langkah mudah lainnya yang berhasil dalam meningkatkan kecepatan laptop adalah membatasi aplikasi yang dimulai saat komputer menyala. Semakin banyak aplikasi yang muncul dalam daftar ini, semakin banyak waktu yang dibutuhkan laptop untuk melakukan booting. Dan bahkan tidak memerlukan terlalu banyak aplikasi untuk memulai saat boot.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan aplikasi saat Startup untuk meningkatkan kecepatan laptop? Akses Pengelola Tugas dengan menekan Cntrl + Shift + Esc. Klik Aplikasi Startup dan pindai seluruh daftar. Pertahankan status aplikasi penting dalam mode Diaktifkan dan nonaktifkan yang lainnya.

 

3. Periksa Spyware dan Virus

Ada kemungkinan laptop terkena virus atau malware di beberapa titik saat menjelajah web. Ini bukan hanya ancaman terhadap file dan informasi pribadi dan rahasia di sistem, tetapi juga dapat memperlambat laptop.

 

4. Reset atau Instal Ulang Sistem Operasi

Jika langkah-langkah di atas gagal meningkatkan kecepatan laptop, maka harus mempertimbangkan untuk mengatur ulang atau menginstal ulang sistem operasi. Setelah ini, beberapa aplikasi buruk yang tidak dapat diidentifikasi pada langkah sebelumnya akan dihapus dari sistem.

Selain itu, langkah ini akan menangani pengaturan yang mungkin berubah secara tidak sengaja. Namun perlu diingat bahwa mengatur ulang atau menginstal ulang sistem operasi laptop, akan membuatnya menjadi kosong. Jadi, semua aplikasi di sistem saat ini akan hilang.

 

5. Menambah Besaran RAM

Menambahkan lebih banyak RAM ke sistem adalah cara yang teruji dan benar untuk meningkatkan kecepatan laptop. Di sebagian besar laptop, akan ada slot kosong yang menunggu pemiliknya memasang RAM tambahan untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja sistem. Selain itu, RAM stick cukup terjangkau dan cukup mudah dipasang.

Dan setelah Anda memasang RAM stick baru, pastikan stik tersebut muncul di sistem. Untuk memeriksa apakah instalasi berhasil, buka Mulai, klik Pengaturan, ketuk Tentang, dan klik Spesifikasi Perangkat. Di sana, periksa jumlah total RAM yang terpasang dan lihat apakah jumlahnya sudah benar.

 

6. Tukar Hard Disk dengan SSD Cepat

Semua langkah di atas akan meningkatkan kecepatan laptop secara signifikan. Namun jika benar-benar ingin laptop bekerja dengan cepat, sebaiknya pasang SSD. Karena SSD tidak memiliki bagian yang bergerak di dalamnya, SSD tidak hanya lebih cepat namun juga sangat andal dalam jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement