Rabu 30 Aug 2023 14:01 WIB

Seberapa Penting Copywriting Dalam Marketing? Yuk Cari Tahu Jawabannya

Tujuan dari copywriting yakni memperkenalkan suatu produk

Nusamandiri Entrepreneur Center (NEC) menyampaikan bahwa tujuan dari copywriting yakni memperkenalkan suatu produk, mendeskripsikan secara lebih tepat nilai produk yang ditawarkan, mengajak calon customer membeli produk, membentuk perilaku calon customer dan closing penjualan.
Foto: dok UNM
Nusamandiri Entrepreneur Center (NEC) menyampaikan bahwa tujuan dari copywriting yakni memperkenalkan suatu produk, mendeskripsikan secara lebih tepat nilai produk yang ditawarkan, mengajak calon customer membeli produk, membentuk perilaku calon customer dan closing penjualan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Copywriting merupakan teknik untuk menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon tertentu yang menjadi target penulis selaku copywriter. 

Secara umum, copywriting adalah “Naskah Iklan” yang disebarluaskan dengan tujuan komersial atau secara bahasa gaul, merupakan seni untuk mendapatkan cuan dari orang lain melalui kata-kata.

Menurut Maruloh, kepala Nusamandiri Entrepreneur Center (NEC) menyampaikan bahwa tujuan dari copywriting yakni memperkenalkan suatu produk, mendeskripsikan secara lebih tepat nilai produk yang ditawarkan, mengajak calon customer membeli produk, membentuk perilaku calon customer dan closing penjualan.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam copywriting, yakni perhatikan jenis produk sebab setiap jenis produk memiliki gaya dan cara penyampaian yang berbeda,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (28/8).

Selanjutnya, ungkapnya adalah pengenalan dan riset produk diperlukan untuk menentukan pendekatan yang akan dipakai dalam penulisan copywriting. 

“Kenali target pasar, karena konsumen memiliki berbagai macam karakteristik. Setiap konsumen itu unik. Kita tidak bisa menyamakan pesan untuk seluruh jenis konsumen. Petakan segmentasi dan target yang dibutuhkan,” tegasnya.

Jangan lupa jenis bahasa yang digunakan, paparnya kemudian, sebab hal ini berhubungan dengan target pasar yang akan digarap. Biasanya berkaitan dengan parameter diantaranya usia atau kalangan target pasar tertentu.

“Copywriting memiliki peranan yang sangat penting dalam bisnis. Ini bukan hanya tentang merangkai kata-kata yang menarik, tetapi juga tentang komunikasi yang efektif untuk memengaruhi audiens dan mendorong tindakan yang diinginkan,” tandasnya. 

Selanjutnya, ia juga memberikan beberapa alasan mengapa copywriting sangat penting dalam bisnis, sebagai berikut:

Meningkatkan Penjualan

Copywriting yang baik dapat memengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau menghubungi perusahaan. Kata-kata yang persuasif dan penawaran yang menarik dapat secara signifikan meningkatkan konversi penjualan.

Membangun Brand Awareness

Copywriting yang kreatif dan konsisten dapat membantu membangun citra brand yang kuat. Pesan-pesan yang tepat dan unik dapat membuat brand lebih mudah diingat dan dikenali oleh audiens.

Mengomunikasikan Nilai Produk atau Layanan

Copywriting yang baik memungkinkan kita menjelaskan nilai dan manfaat produk atau layanan dengan cara yang meyakinkan. Ini membantu calon pelanggan memahami mengapa mereka membutuhkan produk kita.

Menginspirasi Emosi dan Koneksi

Cerita dan kata-kata yang kuat dapat merangsang emosi dan menciptakan hubungan antara merek kita dan pelanggan potensial. Ini dapat membantu membangun koneksi yang lebih dalam dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Meningkatkan SEO

Konten yang baik dengan kata kunci yang relevan dapat meningkatkan peringkat Kita dalam hasil pencarian mesin pencari (google). Copywriting yang dioptimalkan untuk SEO dapat membantu menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Meningkatkan Efektivitas Kampanye Pemasaran

Baik itu iklan, email pemasaran, atau konten media sosial, copywriting yang menarik dan relevan akan membuat kampanye lebih efektif dalam menarik perhatian customer.

Membuat Pandangan yang Profesional

Copywriting yang baik mencerminkan profesionalisme perusahaan. Bahasa yang tepat dan kualitas tulisan dapat memberikan kesan positif kepada pelanggan potensial.

Mengurangi Ketidakpahaman

Copywriting yang jelas dan jujur membantu menghindari ketidakpahaman atau penafsiran yang salah terkait produk atau layanan bisnis kita.

Mendorong Tindakan Spesifik

Baik itu meminta pelanggan untuk mendaftar, mengisi formulir, atau melakukan pembelian, copywriting yang baik memberikan arahan yang jelas tentang tindakan apa yang harus dilakukan.

Adaptasi ke Media Berbeda

Copywriting dapat diadaptasi untuk berbagai media, seperti situs web, iklan cetak, iklan online, media sosial, dan lain-lain. Ini memungkinkan kita untuk menyampaikan pesan yang sama dengan cara yang sesuai untuk setiap platform.

“Secara keseluruhan, copywriting menjadi alat yang penting untuk berkomunikasi dengan customer dan mempengaruhi mereka secara positif. Ini berperan dalam membentuk persepsi merek, membangun hubungan dan mendorong hasil bisnis yang diinginkan,” tutup Maruloh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement