Sabtu 16 Sep 2023 05:52 WIB

Redakan Cemas tak Hanya dengan Meditasi, 5 Makanan Ini Ternyata Bisa Membantu

Menurut ahli, pola makan seseorang bisa memengaruhi suasana hati.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Cokelat (ilustrasi). Cokelat hitam menjadi salah satu makanan yang dipercaya mampu meredakan kecemasan.
Foto: www.freepik.com
Cokelat (ilustrasi). Cokelat hitam menjadi salah satu makanan yang dipercaya mampu meredakan kecemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat seseorang merasa cemas, mereka mungkin cenderung melakukan hal-hal yang dapat membuat tenang seperti yoga atau meditasi, menonton film komedi, hingga mencari udara segar. Orang juga mungkin memilih makanan yang menenangkan seperti pizza atau kue-kue manis.

Menurut ahli, pola makan seseorang bisa memengaruhi suasana hati. Berikut lima makanan yang bisa membantu untuk meredakan kecemasan, seperti dilansir di laman Best Life, Jumat (15/9/2023):

Baca Juga

1. Cokelat hitam

Ternyata mengidam cokelat itu sebenarnya didasarkan pada ilmu pengetahuan, karena 70-85 persen coklat hitam mengandung magnesium. Penelitian menunjukkan, kadar magnesium yang rendah mungkin berhubungan dengan peningkatan risiko depresi.

“Juga dengan kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya,” kata Nichole Dandrea-Russert, ahli gizi diet terdaftar dan pendiri Purely Planted. Magnesium juga berperan dalam mengatur poros hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yang mengontrol respons stres tubuh.

2. Biji chia

Biji chia menjadi yang paling banyak direkomendasikan oleh para ahli gizi. Biji chia mengandung asam lemak omega-3, seng, dan triptofan, yang membantu mengurangi kecemasan, menurut Kelsey Costa, MS, RDN, ahli diet terdaftar dan konsultan nutrisi untuk Health Canal.

3. Biji labu

Biji lain yang sangat direkomendasikan untuk mengurangi kecemasan adalah biji labu kuning, yang juga mengandung omega-3, zinc, dan triptofan, serta magnesium. Dandrea-Russert mengutip sebuah penelitian tahun 2014 di mana partisipan diberi diet tinggi triptofan yang mencakup biji labu dan diamati memiliki kecemasan yang "jauh lebih rendah" dibandingkan mereka yang menjalani diet rendah triptofan.

4. Telur

Telur adalah makanan lain yang telah digunakan untuk mempelajari efek dari diet tinggi triptofan. Penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa wanita berusia 45-65 tahun yang menerima "suplemen makanan dari protein telur" kurang cemas dan kecil kemungkinannya untuk merespons rangsangan negatif.

5. Alpukat

Baik Anda suka dengan roti panggang, dipotong dalam salad, atau dihaluskan sebagai guacamole, alpukat penuh dengan lemak sehat dan kekuatan untuk meningkatkan suasana hati. Alpukat mengandung magnesium dan triptofan, yang penting untuk produksi serotonin.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement