Rabu 20 Sep 2023 14:01 WIB

Mengenal Pemimpin Separatis Sikh yang Ditembak Mati di Kanada

Nijjar adalah tokoh Sikh ketiga yang meninggal mendadak dalam beberapa bulan terakhir

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Hardeep Singh Nijjar ditembak mati di luar kuil Sikh pada 18 Juni di Kanada, saat berusia usia 45 tahun
Foto: EPA-EFE/RAJAT GUPTA
Hardeep Singh Nijjar ditembak mati di luar kuil Sikh pada 18 Juni di Kanada, saat berusia usia 45 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Hardeep Singh Nijjar ditembak mati di luar kuil Sikh pada 18 Juni di Kanada, saat berusia usia 45 tahun. Nijjar adalah tokoh Sikh ketiga yang meninggal mendadak dalam beberapa bulan terakhir.

Nijjar dikenal sebagai aktivis kemerdekaan Sikh. Dia anggota terkemuka dari gerakan untuk menciptakan tanah air Sikh merdeka yang dikenal sebagai Khalistan.

Baca Juga

Pada saat momen-momen penembakan, Nijjar  sedang mengorganisir referendum tidak resmi di antara diaspora Sikh dengan organisasi Sikhs For Justice. Dia juga memiliki bisnis pipa ledeng dan menjabat sebagai presiden kuil Sikh atau gurdwara di pinggiran kota Vancouver.

Dalam wawancaranya dengan Vancouver Sun pada 2016, Nijjar menanggapi dengan acuh terhadap laporan di media India bahwa dia dicurigai memimpin benih-benih teroris. “Ini sampah, semua tuduhan itu. Saya tinggal di sini 20 tahun, kan? Lihatlah catatanku. Tidak ada apa-apa. Saya seorang pekerja keras. Saya memiliki bisnis sendiri di bidang pipa ledeng,” katanya kepada surat kabar tersebut.