Kamis 21 Sep 2023 13:00 WIB

Prancis: Langkah Polandia Larang Impor Gandum dari Ukraina tak Bisa Dibenarkan

Ukraina ajukan gugatan ke WTO terkait larangan impor gandum oleh Polandia

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Pemerintah Prancis menyesalkan keputusan Polandia melanjutkan larangan impor gandum dan komoditas biji-bijian lainnya dari Ukraina.
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Pemerintah Prancis menyesalkan keputusan Polandia melanjutkan larangan impor gandum dan komoditas biji-bijian lainnya dari Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Pemerintah Prancis menyesalkan keputusan Polandia melanjutkan larangan impor gandum dan komoditas biji-bijian lainnya dari Ukraina. Menurut Paris, langkah Warsawa tidak dapat dibenarkan.

“Ketegangan ini sangat disesalkan,” kata Menteri Luar Negeri Prancis Catherina Colonna di sela-sela sidang Majelis Umum PBB saat diwawancarai tentang keputusan Polandia melanjutkan larangan impor gandum dari Ukraina, Rabu (20/9/2023), dilaporkan laman France24.

Baca Juga

Mengutip studi Uni Eropa, Colonna mengatakan impor gandum Ukraina tidak akan mengganggu pasar atau melumpuhkan petani Eropa. “Tidak ada gejolak pasar dan mungkin ada pertimbangan politik internal dari beberapa mitra kami yang, sayangnya, mendorong mereka untuk mengambil posisi yang tidak dapat dibenarkan,” ucapnya.

Pemerintah Ukraina telah mengajukan gugatan hukum ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terkait keputusan pelarangan impor gandum serta biji-bijian asal negaranya oleh Polandia, Slovakia, dan Hongaria. Ketiga negara anggota Uni Eropa itu memberlakukan larangan impor dengan maksud melindungi kelompok petani di negaranya.

“Sangat penting bgai kami untuk membuktikan bahwa masing-masing negara anggota tidak dapat melarang impor barang-barang Ukraina. Itulah sebabnya kami mengajukan tuntutan hukum terhadap mereka,” kata Menteri Ekonomi Ukraina Yulia Svyrydenko, Senin (18/9/2023).

Perwakilan Dagang Ukraina Taras Kachka turut menegaskan pernyataan Svyrydenko. Menurut Kachka, penting untuk membuktikan bahwa pelarangan impor gandum Ukraina oleh Polandia, Slovakia, dan Hongaria, salah secara hukum. “Itulah mengapa kami akan memulai proses hukum besok,” ujarnya, Senin, seperti dilaporkan Politico.

Kachka mengungkapkan, negaranya juga berencana melakukan pembalasan dengan memberlakukan larangan impor buah dan sayur dari Polandia. Konflik di Ukraina dan masalah ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam telah mengakibatkan Uni Eropa menjadi jalur transit utama serta tujuan ekspor komoditas tersebut. Pada Juni lalu, Uni Eropa setuju untuk membatasi impor gandum dari Ukraina ke lima negara anggotanya, yakni Bulgaria, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia.

Tujuan pembatasan impor itu adalah melindungi petani di kelima negara. Sebab mereka menuding impor biji-bijian dari Ukraina sebagai penyebab jatuhnya harga di pasar lokal. Masa berlaku pembatasan impor berakhir pada Jumat (15/9/2023) pekan lalu. Namun Bulgaria, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia meminta pembatasan diperpanjang.

Polandia telah mengumumkan bahwa pelarangan impor komoditas biji-bijian dari Ukraina akan mereka lanjutkan. “Perintah pemerintah untuk memperpanjang embargo gandum Ukraina akan dikeluarkan dan dipublikasikan hari ini,” kata Juru Bicara Pemerintah Polandia Piotr Muller kepada kantor berita negara Polandia, Polska Agencja Prasowa (PAP), Jumat pekan lalu.

Muller pun mengomentari keputusan Komisi Eropa mengakhiri larangan impor gandum Ukraina. “Kami tidak setuju dengan keputusan Komisi Eropa dan demi kepentingan petani dan konsumen Polandia, kami menerapkan langkah-langkah nasional,” ujarnya.

Menteri Pertahanan Polandia Marcin Przydacz juga menegaskan sikap negaranya atas keputusan Komisi Eropa mencabut pembatasan larangan impor dari Ukraina. “Kepentingan petani Polandia adalah yang paling penting bagi kami,” ujarnya lewat akun X (Twitter)-nya, Jumat pekan lalu.

Pada Ahad (17/9/2023), Hongaria dan Slovakia mengumumkan langkah serupa seperti Polandia. Hongaria mengatakan, mereka akan melarang impor 24 produk dari Ukraina, termasuk gandum, jagung, biji lobak, beberapa produk daging, madu, dan telur. Sementara Perdana Menteri Slovakia Ludovit Odor mengatakan, pelarangan impor terhadap komoditas biji-bijian Ukraina diambil guna mencegah tekanan pada pasar domestik dan melindungi petani.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا لَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَآ اَشْرَكْنَا وَلَآ اٰبَاۤؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِنْ شَيْءٍۗ كَذٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ حَتّٰى ذَاقُوْا بَأْسَنَاۗ قُلْ هَلْ عِنْدَكُمْ مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوْهُ لَنَاۗ اِنْ تَتَّبِعُوْنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنْ اَنْتُمْ اِلَّا تَخْرُصُوْنَ
Orang-orang musyrik akan berkata, “Jika Allah menghendaki, tentu kami tidak akan mempersekutukan-Nya, begitu pula nenek moyang kami, dan kami tidak akan mengharamkan apa pun.” Demikian pula orang-orang sebelum mereka yang telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan azab Kami. Katakanlah (Muhammad), “Apakah kamu mempunyai pengetahuan yang dapat kamu kemukakan kepada kami? Yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka, dan kamu hanya mengira.”

(QS. Al-An'am ayat 148)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement