Sabtu 23 Sep 2023 08:06 WIB

Pesawat Ruang Angkasa NASA Kirimkan Sampel Terbesar dari Asteroid

Para ilmuwan memperkirakan akan mendapatkan sekitar 250 gram kerikil dan debu.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Asteroid (ilustrasi). Planet Bumi akan menerima pengiriman khusus, sampel terbesar dari asteroid.
Foto: Lynette Cook/WM Keck Observatory
Asteroid (ilustrasi). Planet Bumi akan menerima pengiriman khusus, sampel terbesar dari asteroid.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Planet Bumi akan menerima pengiriman khusus, sampel terbesar dari asteroid. Sebuah pesawat ruang angkasa NASA akan terbang melewati Bumi pada Ahad (23/9/2023) dan menjatuhkan setidaknya sebongkah puing yang diambil dari asteroid Bennu, menutup pencarian selama tujuh tahun.

Kapsul sampel akan diterjunkan ke gurun Utah, Amerika Serikat, saat kapal induk pesawat ruang angkasa Osiris-Rex meluncur untuk bertemu dengan asteroid lain. Para ilmuwan memperkirakan akan mendapatkan sekitar 250 gram kerikil dan debu.

Baca Juga

Meski terlihat kecil, jumlah ini lebih banyak daripada satu sendok teh yang dibawa kembali oleh Jepang dari dua asteroid lainnya. Tidak ada negara lain yang berhasil menemukan potongan asteroid, yang bisa menguak misteri awal tata surya yang dapat membantu menjelaskan Bumi dan kehidupan dapat terbentuk.

Pendaratan yang akan terjadi mengakhiri perjalanan sejauh 6,2 miliar kilometer yang ditandai dengan pertemuan dengan Bennu yang kaya karbon. Pendaratan unik dan pengambilan sampel, tutup macet yang membuat sebagian simpanan tumpah ke luar angkasa, dan kini akhirnya sampel asteroid pertama NASA datang ke Bumi.